Sebut Kirchner "Perempuan Tua", Presiden Uruguay Minta Maaf

Presiden Uruguay Jose Mujica
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut
Presiden Uruguay Jose Mujica meminta maaf karena telah menghina Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner dengan sebutan "perempuan tua". Hinaan ini tidak sengaja tertangkap alat perekam saat Mujica tengah berbicara dengan seseorang.

Lawan Korea Selatan, Shin Tae-yong Berani Pertaruhkan Nasionalisme demi Timnas Indonesia U-23

Diberitakan
Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa
BBC , Kamis 11 April 2013, permintaan maaf ini disampaikan Mujica dalam sebuah wawancara dengan radio
M24
. "Saya meminta maaf dari hati yang terdalam. Ini karena kebiasaan bahasa saya yang kasar," kata Mujica.


Sebelumnya pekan lalu, Mujica tidak sengaja terekam ketika mengatakan, "Si perempuan tua ini lebih buruk daripada si pria jereng."


Dalam wawancara tersebut, Mujica mengakui bahwa perempuan tua yang dimaksud adalah Fernandez de Kirchner dan pria jereng adalah suaminya Nestor Kirchner. Nestor dikenal memiliki mata yang tidak akur, dia meninggal karena serangan jantung pada 2010.


Mujica mengatakan bahwa ucapan itu seharusnya adalah percakapan pribadi, namun tertangkap mesin perekam yang menyala jelang sebuah konferensi pers. Dia menyalahkan kehidupannya yang keras sebagai militer yang membuatnya sering berkata kasar.


"Tidak bisa dihindari, bahwa dalam percakapan sehari-hari dan intim, terkadang terlontar kata-kata kasar," kata Mujica yang juga pernah tinggal bertahun-tahun di penjara ini.


Kata-katanya saat itu direkam oleh koran
El Observador
dan diunggah di situsnya. Saking banyaknya warga yang ingin mendengarnya, situs itu
hang
.


Menteri Luar Negeri Argentina Hector Timerman langsung memanggil Duta Besar Uruguay di Buenos Aires Guillermo Pomi, untuk menyampaikan protesnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya