DUNIA

China Ungkap Kekuatan Terkini Militernya

Anggaran militer China sudah melebihi US$100 miliar
Selasa, 16 April 2013
Oleh : Renne R.A Kawilarang
Pasukan Khusus AL China berlatih di atas kapal perang
VIVAnews - China dikenal jarang mengungkapkan kekuatan militernya, yang diduga berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan ekonominya yang dinamis. Namun, pemerintah komunis itu mengumumkan sebagian kekuatan militernya terkini.

Menurut kantor berita Reuters, publikasi kekuatan militer China itu disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan, Kolonel Yang Yujun, dalam jumpa pers di Beijing hari ini. Dia memperlihatkan sebuah dokumen, yang merupakan Buku Putih Pertahanan China yang berjudul "Pengarahan Beragam Angkatan Bersenjata Tiongkok." 

Dalam Buku Putih itu, yang juga dilansir oleh stasiun berita BBC, Angkatan Darat China kini diperkuat 850.000 personel, Angkatan Laut 235.000 personel, dan Angkatan Udara 398.000 personel.

Kekuatan darat militer China terbagi dalam 18 korps. Mereka ditempatkan di tujuh wilayah komando, yaitu Beijing, Nanjing, Chengdu, Guangzhou, Shenyang, Lanzhou, dan Jinan. Angkatan Udara China pun ditempatkan di tujuh wilayah komando yang sama dengan pasukan darat.

Untuk kekuatan maritim, Angkatan Laut China memiliki tiga armada. Mereka berpangkalan di Beihai, Donghai, dan Nanhai. Buku Putih Pertahanan itu juga mengungkapkan peran kekuatan artileri China, yang dipersenjatai dengan nuklir dan rudal konvensional.

Anggaran belanja militer China pun meningkat. Pada 2012, anggarannya naik 11,2% hingga melebihi US$100 miliar, ungkap Buku Putih itu.

Bagi China, kekuatan militer itu mendukung "penangkalan strategis," dan "punya tujuan utama menangkal negara-negara lain menggunakan senjata nuklir atas China dan menjalankan serangan balasan baik dengan nuklir maupun dengan rudal konvensional," demikian kutipan Buku Putih itu. (eh) 
TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found