DUNIA

Gempa Iran 7,8 SR, Terbesar dalam 40 Tahun

Akses komunikasi di Iran sebagian besar terputus.
Selasa, 16 April 2013
Oleh : Mutia Nugraheni
Gempa Iran pada 2012
VIVAnews - Sebanyak 40 orang meninggal dunia akibat gempa bumi yang berpusat di perbatasan Iran dan Pakistan. Korban jiwa gempa  berkekuatan 7,8 skala richter tersebut, seperti dikutip dari Reuters, kemungkinan masih akan terus bertambah.

Bahkan menurut salah satu petugas pemerintahan Iran yang tak mau disebut namanya, gempa yang terjadi pada 10.44 GMT hari ini Selasa 16 April 2013, merupakan yang terbesar.

"Ini gempa bumi yang terbesar di Iran dalam kurun waktu 40 tahun, kemungkinan ratusan orang meninggal dunia," ungkap petugas tersebut, dikutip dari Reuters.

Akibat gempa, orang-orang yang bermukim di gedung tinggi berlarian ke luar. Mereka tampak berada di jalanan untuk mencari perlindungan. Akses komunikasi sebagian besar terputus. Kepanikan tampak terjadi di kota-kota di Iran.

Dari data badan Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa sendiri terletak di bagian tenggara Iran. Tepatnya di daerah pegunungan dan gurun, 201 km (125 mil) tenggara dari Zahedan dan 250 km sebelah barat laut dari Turbat di Pakistan.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found