Ledakan Pabrik Texas Lebih Kuat dari Seluruh Bom di AS

ledakan pabrik pupuk texas
Sumber :
  • REUTERS/Mike Stone

VIVAnews - Ledakan pabrik pupuk di Texas, Rabu malam waktu setempat terasa hingga jarak lebih dari 14 kilometer. Rumah-rumah di sekitar lokasi hancur lebur. Korban luka mencapai lebih dari 160 orang, sementara korban tewas diperkirakan akan semakin bertambah seiring upaya pencarian yang
masih terus dilakukan.

Dalam penyelidikan sementara, diduga ledakan hebat terjadi akibat banyaknya jumlah ammonium nitrate dalam pabrik tersebut. Para ahli mengatakan, zat ini bisa digunakan sebagai bahan utama pembuat bahan peledak.

Mengutip Los Angeles Times, Kamis 18 April 2013, dalam laporan Departemen Kesehatan Texas Februari lalu, pabrik pupuk di West ini menyimpan hingga 270 ton ammonium nitrate, ditambah 50.000 kilogram ammonia cair. Ini yang tercatat, yang tidak dilaporkan diduga masih banyak lagi.

Ahli peledak di Pentagon kepada LA Times mengatakan, ledakan yang melibatkan 270 ton ammonium nitrate lebih kuat daripada seluruh bom non-nuklir yang dimiliki AS.

Menteri AHY Janjikan Ini soal Pengadaan Lahan untuk Proyek Strategis Nasional

Bahkan, walikota West Tommy Muska menyamakannya dengan bom nuklir. "Seperti bom nuklir yang meledak. Ada awan cendawan raksasa terbentuk," kata Muska.

Saking kerasnya ledakan, Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat terjadinya gempa berkekuatan 2,1 skala richter.

Ammonium nitrate juga jadi biang keladi beberapa kecelakaan industri terbesar dalam seabad ini. Salah satunya adalah ledakan tahun 1947 di Texas City, Texas, yang menewaskan 570 orang.

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna di Bulan Ramadhan

Bahan kimia ini juga digunakan para teroris di AS untuk membuat bom. Salah satunya tahun 1995 di Oklahoma, tahun 1993 di gedung WTC dan di dua Kedutaan Besar AS di Afrika tahun 1998.

Selain memuat bahan berbahaya, pabrik pupuk di West juga ternyata punya catatan pelanggaran keamanan di masa lalu. Salah satunya adalah tahun 2001 saat Badan Keamanan Jalur Pipa dan Materi Berbahaya menemukan pelanggaran penanganan transportasi bahan kimia. Pabrik ini didenda hingga senilai Rp100 juta.

Saat ini, pemadam kebakaran dan tim SAR masih terus menyisir lokasi untuk mencari korban. Sejauh ini, ditemukan 15 orang tewas. Diperkirakan, korban masih akan terus bertambah hingga puluhan orang. (umi)

KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan Sendiri, Salah Satunya Karutan

ICW Soroti Kasus Pungli di Rutan KPK: Betapa Bobroknya Lembaga Antirasuah Itu

KPK menetapkan sebanyak 15 orang menjadi tersangka kasus pungli di rutan KPK. Salah satunya kepala rutan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024