Korban Tewas Gempa di China Jadi 102 Orang

Rumah rubuh pada gempa di China
Sumber :
  • REUTERS/China Central Television (CCTV)

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter menghantam Provinsi Sichuan yang berada di barat daya China, Sabtu 20 April 2013. Sedikitnya 102 orang tewas, 2.200 luka, dan 147 orang dilaporkan kritis.

Truk Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

Gempa terjadi pukul 08:02 waktu setempat, tepatnya di Lushan dekat kota Ya'an. Pusat gempa memiliki kedalaman 12 kilometer. Gempa itu juga dirasakan penduduk wilayah sekitar termasuk Ibu Kota Sichuan, Chengdu. 

Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang akan mengerahkan segala upaya untuk melakukan penyelamatan. Li tiba di Chengdu dan sedang dalam perjalanan ke zona bencana dengan helikopter.

"Saat ini, yang paling penting adalah menyelamatkan korban yang masih hidup," kata Li seperti dikutip Reuters.

Sebanyak 6.000 tentara dikerahkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Saat ini, hanya kendaraan darurat yang diizinkan masuk ke Ya'an, meskipun Bandara Chengdu telah dibuka kembali.

Korban tewas paling banyak di Lushan. Di sana, aliran air dan listrik juga terputus. Gambar di situs berita China menunjukkan bangunan roboh dan korban luka dirawat di tenda-tenda di luar rumah sakit.

Tim penyelamat di Lushan telah mengevakuasi 32 korban dari reruntuhan. Di desa-desa yang paling dekat dengan pusat gempa, hampir semua rumah bertingkat rendah dan bangunan runtuh.

Seorang warga di Chengdu, mengatakan bahwa ia berada di lantai 13 gedung ketika gempa terjadi. Bangunan berguncang selama sekitar 20 detik dan ia melihat ubin jatuh dari gedung di dekatnya.

Ya'an adalah kota dengan 1,5 juta penduduk yang dianggap sebagai salah satu tempat teh China berasal. Di sana juga merupakan kawasan perlindungan panda raksasa. "Masih ada getar dan tremor, tapi daerah kami aman. Para panda juga aman," kata dia.

Gempa besar juga pernah mengguncang wilayah ini pada Mei 2008. Sebanyak 70 ribu orang tewas dalam musibah itu. (art)

Miris! Menkominfo Sebut Transaksi Judi Online Capai Rp 327 T di 2023
Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

42 delegasi pimpinan buruh Asia Pasifik yang tergabung dalam International Trade Union Confederation Asia Pasific (ITUC-AP) melakukan pertemuan di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024