Yudhoyono Terima Kunjungan PM Myanmar

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima Perdana Menteri (PM) Myanmar, Thein Sein, Senin 16 Maret 2009.

"Besok saya akan menerima kunjungan PM Myanmar untuk membahas hubungan bilateral," kata Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Minggu 15 Maret 2009.

Yudhoyono tak membeberkan agenda pembicaraan dengan Sein. Namun, kedua pemimpin kemungkinan akan membahas persoalan pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar yang masuk ke wilayah Indonesia.

Isu Rohingya selalu dibahas dalam berbagai pertemuan. Terakhir kali dibahas dalam pertemuan para pemimpin anggota perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akhir Februari lalu.

Dari pertemuan itu, Myanmar tidak mengakui keberadaan etnis Rohingya, tetapi sebagai etnis Bengali di bagian utara Arakan, Myanmar.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Rohingya adalah salah satu suku asli Myanmar yang memeluk agama Islam. Mereka terbiasa bermigrasi ke negara tetangga Malaysia dan Thailand untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Saat ini etnis Rohingya di seluruh Myanmar diperkirakan 2 juta jiwa dan 1,5 juta diantaranya tinggal di Arakan, Myanmar, 600 ribu tinggal di Bangladesh, 350 ribu di Pakistan, 400 ribu di Arab Saudi dan 100 ribu di Uni Emirat Arab, Thailand dan Malaysia.

Myanmar dan Indonesia akan membahas hal-hal yang bisa meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Seperti diberitakan media Myanmar, The New Light of Myanmar, Jumat 13 Maret 2009, setelah Indonesia, Sein akan berkunjung ke Singapura.

Sein bertemu dengan kedua pemimpin pemerintahan tersebut dua pekan lalu dalam pertemuan ASEAN di Thailand. Sein diperkirakan akan kembali bertemu dengan mereka dalam pertemuan ASEAN bersama enam negara mitra, Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan 10-12 April mendatang di Thailand.

Persoalan hak asasi manusia dan kegagalan negara pimpinan Junta militer tersebut cenderung menjadi bahan perdebatan di berbagai pertemuan ASEAN.

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024