Ledakan Pabrik Pupuk Texas Ciptakan Kawah Selebar 30 Meter

Dampak ledakan pabrik pupuk di Texas, Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Michael Ainsworth/Pool
VIVAnews -
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Ledakan pabrik pupuk West Fertilizer Company Rabu malam pekan lalu menciptakan sebuah kawah yang cukup lebar. Dari keterangan pihak berwenang sebuah kawah dengan lebar lebih dari 30 meter dengan kedalaman 304,8 cm ditemukan saat polisi menyisir lokasi ledakan.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Dilansir
Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
CNN , Rabu 24 April 2013, pihak penyelidik saat ini tengah menyisir daerah yang paling sedikit terkena dampak ledakan untuk menemukan bahan yang memicu terjadinya kebakaran pada Rabu pekan lalu. Sementara ini mereka telah menghapus kemungkinan bencana alam yang diduga menjadi penyebab kebakaran. Namun, mereka belum menemukan penyebab sesungguhnya.


Pejabat berwenang setempat menghabiskan waktu pada Selasa malam untuk menyisir menggunakan sekop dan mencari berbagai petunjuk. Sementara itu perwakilan West Fertilizer mengatakan pejabatnya masih terus memfokuskan untuk mencari fakta penyebab ledakan di lapangan ketimbang tuntutan hukum yang akan dialamatkan kepada mereka.


"Kami terus melakukan pencarian fakta yang dapat dipahami mengenai penyebab ledakan itu dan memastikan bahwa peristiwa serupa tidak akan terjadi lagi di daerah mana pun," ujar perwakilan perusahaan itu kepada CNN.


Para penduduk yang berada di sekitar lokasi ledakan pabrik mencoba kembali beraktivitas normal setelah seminggu peristiwa itu berlalu. Kendati begitu mereka mengaku masih trauma dengan peristiwa yang menewaskan 15 orang tersebut.


Di sebuah restoran pizza di Jalan Oak, karyawan restoran dan penduduk sekitar berdiskusi mencari jalan keluar mengembalikan lahan pertanian mereka yang mirip daerah perang usai akibat terkena ledakan pabrik pupuk. Sementara, warga lainnya berusaha mensibukkan diri dan memperbaiki semua peralatan pertanian yang masih dapat diperbaiki.


Ratusan warga lainnya memilih berkumpul pada Selasa malam di Balai Knights of Columbus berharap mendapat penjelasan dari pejabat setempat.


Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah pabrik pupuk meledak pada Rabu malam pekan lalu di Texas. Menurut kesaksian warga sekitar getaran ledakannya terasa hingga jarak 14 kilometer dan menyebabkan gempa berkekuatan 2,1 skalarichter.


Los Angeles Times melaporkan besarnya getaran ledakan disebabkan 270 ton ammonium nitrate dan 50ribu kilogram cair yang tersimpan di dalam pabrik pupuk itu. Menurut ahli peledak di Pentagon memperkirakan ledakan yang melibatkan bahan kimia itu lebih kuat dari seluruh bom non-nuklir yang dimiliki AS.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya