DUNIA

Cara Salaman Bill Gates Dianggap Menghina Presiden Korsel

Fotonya ramai dipajang di media-media Korea.
Rabu, 24 April 2013
Oleh : Denny Armandhanu
Presiden Korsel Park Geun-hye dan Bill Gates
VIVAnews - Juragan Microsoft, Bill Gates, dianggap merendahkan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, dalam pertemuan keduanya Senin pekan ini. Media dan publik Korsel menganggap cara Gates bersalaman dengan kepala negara mereka sudah kurang ajar.

Dalam foto yang menempati banyak halaman muka harian di Seoul, terlihat Gates menyodorkan tangannya dengan santai kepada orang nomor satu Korsel tersebut. Tangan kirinya masuk ke dalam kantung celana, seperti layaknya bersalaman dengan orang biasa.

Bagi budaya Korea yang menjunjung tinggi pemimpin, tindakan ini dianggap melanggar etika moral mereka. Banyak yang mempertanyakan, apakah ini akibat perbedaan budaya, atau memang Gates ingin merendahkan Park.
"Perbedaan budaya, atau merendahkan?" tulis harian JoongAng Ilbo, dilansir Telegraph, Selasa 23 April 2013.

"Salaman yang menghina? Salaman tidak resmi?" tulis media lainnya, Dong-A Ilbo. 

Sementara Istana Kepresidenan Korsel menolak berkomentar, foto ini sudah terlanjur ramai dibicarakan di media sosial. Banyak yang menyayangkan sikap Gates tersebut.

"Walaupun ada perbedaan budaya, tapi sangat tidak pantas dilakukan di acara seperti ini. Bagaimana dia bisa memasukkan tangannya ke kantung saat bertemu kepala negara?" tulis pemilik akun @msryu67 di Twitter.

Seorang teman Gates yang dikutip oleh harian Dong-A Ilbo mengatakan bahwa memang begitulah kelakuan Gates, santai dan tidak kaku. "Gates adalah orang yang tak terikat budaya bersalaman, walaupun saat bertemu pemimpin organisasi internasional maupun tokoh politik," tulis harian ini, tanpa menyebutkan nama.

Pada tahun 2008, Gates juga memasukkan tangannya ke kantung saat bersalaman dengan presiden Korsel kala itu Lee Myung-bak. Sebelumnya lebih baik. Tahun 2011, Gates menggunakan dua tangannya saat menyalami presiden Korsel saat itu, Kim Dae-jung.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found