Gedung Ambruk di Bangladesh, 76 Orang Tewas

Bangunan Rubuh di India
Sumber :
  • Reuters/Adnan Abidi
VIVAnews -
Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!
Gedung delapan lantai pabrik garmen di pinggiran ibukota Bangladesh ambruk pada Selasa, 24 April 2013. Sejauh ini, sedikitnya 76 orang tewas dalam penyisiran tim penyelamat ke lokasi.

Ucapan Syukur Jonatan Christie Akhiri Rekor Buruk Lawan Lee Zii Jia dan Tembus Semifinal BAC 2024

Reuters
Ceramah Khatib Soroti Kecurangan Pemilu Picu Jemaah Bubar, Panitia Shalat Id di Bantul Minta Maaf
memberitakan, tim penyelamat yang terdiri dari pemadam kebakaran dan tentara masih berjuang menyingkirkan reruntuhan untuk menjadi korban yang tertimbun. Diduga, ada sekitar 2.000 orang dalam gedung yang terletak di wilayah Savar, sekitar 30 kilometer dari Dhaka.

Menurut Menteri Kesehatan Bangladesh MM Niazuddin, selain 76 orang tewas, ratusan korban lainnya mengalami luka-luka.


Mohammad Asaduzzaman, petugas polisi di wilayah tersebut mengatakan, pemilik pabrik itu sebenarnya telah diperingatkan untuk tidak menggunakan gedung itu lagi setelah adanya retakan pada konstruksi. Namun, peringatan ini tak dihiraukan.


Bangunan di kota Dhaka terkadang dibangun tanpa izin dan banyak yang tidak mematuhi peraturan konstruksi bangunan. Puluhan orang tewas dalam ambruknya gedung dalam delapan tahun terakhir.


Tidak hanya bangunan ambruk, industri garmen negara ini kerap mengalami kebakaran dan bencana lainnya, padahal standar keamanan telah ditingkatkan. November tahun lalu, 112 pekerja tewas pada bencana kebakaran di Dhaka. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya