Bom Panci Boston Terinspirasi dari Majalah Al-Qaeda

Benda yang diduga bom Boston
Sumber :
  • Dok. FBI
VIVAnews
Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks
– Pihak berewenang Amerika Serikat mendapatkan temuan baru terkait inspirasi Tsarnaev bersaudara dalam membuat bom Boston. Menurut mereka, bom yang terbuat dari panci presto itu terinspirasi dari majalan online yang diterbitkan oleh Al-Qaeda.

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

"Saudaraku membaca petunjuk dari majalah ‘Inspire’ secara online, majalah berhasa Inggris yang diterbitkan Al-Qaeda pada tahun 2010," kata Dzhokhar Tsarnaev saat diinterogasi penyidik dilansir
Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu
NBC News , Rabu 24 April 2013.


Menurut
NBC news
, majalah tersebut telah dua kali memuat artikel tentang cara membuat bom dengan menggunakan panci presto. Inspire pernah menerbitkan bagian khusus dengan judul "How to Make a Bomb in the Kitchen of Your Mom", di mana cara-cara sederhana untuk membuat bom pipa dan bom panci presto pernah dijelaskan dalam majalah tersebut.


Bahkan, majalah tersebut menyatakan kompor bertekanan adalah metode yang paling efektif untuk membuat bom.


Menurut laporan media AS, Dzhokhar mengatakan kepada penyelidik bahwa ia dan saudaranya bertindak sendirian dalam melaksanakan serangan itu.


Dzhokhar yang saat ini masih berada rumah sakit dapat didakwa dengan tuduhan berkonspirasi untuk menggunakan senjata pemusnah massal, yaitu sebuah bom rakitan yang dapat mengakibatkan kematian banyak orang dan menghancurkan fasilitas yang ada.


Dengan tuduhan itu, Dzokhar bisa jadi mendapat hukuman, berupa hukuman mati. Dia kini masih terbaring lemah di Rumah Sakit Beth Israel Deaconess. Pengadilan menyediakan pengacara bagi Dzhokhar karena dia tidak mampu membayar pengacara.


Sang kakak, Tamerlan diketahui tewas dalam baku tembak dengan polisi di Watertown. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya