Puluhan Ribu Warga Belanda Sambut Raja Baru Mereka

Warga Belanda merayakan dilantiknya raja baru
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Coombs

VIVAnews - Warga negeri kincir angin, Belanda, bersuka cita karena baru saja memiliki raja baru setelah 120 tahun dipimpin ratu. Amsterdam menjadi oranye saat puluhan ribu orang yang memadati alun-alun kota.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Lebih dari 25.000 orang memadati Plasa Dam dan bertepuk tangan riuh saat Ratu Beatrix mengenalkan anaknya, Willem-Alexander sebagai raja baru Belanda, Selasa pagi waktu setempat.

Reuters memberitakan, warga Belanda terlihat mengenakan kostum serba oranye menyambut perhelatan bersejarah itu.

Acara kemudian berlanjut dengan prosesi pengambilan sumpah Willem-Alexander sebagai Raja Belanda. Berbagai tamu penting negara seperti Pangeran Charles dan sang istri, Camilla Parker Bowles, serta Putra Mahkota Kerajaan Jepang Naruhito dan sang istri Masako ikut hadir di Gereja Nieuwe Kerk menyaksikan momen bersejarah itu.

Sebelum menuju ke dalam gereja, Willem-Alexander dan istrinya Maxima melakukan sesuatu di luar protokol istana dengan menyalami salah satu Disk Jockey kenamaan Belanda, DJ Armin van Buuren yang terlihat hadir di antara tamu undangan.

Publik Belanda terlihat antusias dan menaruh harapan besar terhadap Raja Willem-Alexander. Di mata mereka, pria berusia 46 tahun itu akan membawa perubahan dengan membuat kerajaan tidak terlihat kaku dan formal.

"Raja baru dan istrinya terlihat baik dan itu merupakan hal yang paling penting. Selain itu raja baru sama seperti kami yang ikut menonton pertandingan sepak bola. Dia tidak menutupi ekspresinya di depan publik," ujar Rik de Boer, warga Belanda yang sehari-hari berjualan perhiasan dan ikut menyaksikan prosesi pelantikan dari luar gereja.

Sementara warga Belanda yang lain sangat antusias terhadap Maxima, ratu baru mereka.

Rendahnya Literasi Keuangan Picu Meningkatnya Korban Pinjol Ilegal

"Saya sangat senang karena kami telah memiliki ratu baru yang baik. Maxima memiliki penampilan menawan dan dia memiliki kekuatan sebagai seorang wanita. Saya rasa dia lah yang akan menjadi raja sesungguhnya," ujar Marcel Beurst seorang pemilik toko.

Dirayakan di Indonesia

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Euforia warga di Belanda ikut terasa juga di Indonesia ketika warga Belanda yang bermukim di Jakarta ikut menyaksikan prosesi pelantikan Willem-Alexander pada Selasa malam. Diadakan di ball room Hotel Shangrila, Jakarta Selatan, ribuan warga Belanda terlihat antusias dan memadati ruangan itu.

Menurut Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Tjeerd de Zwaan, keluarga kerajaan merasakan hubungan bilateral yang erat dengan Indonesia. Bagi Belanda, Indonesia adalah negara mitra yang sangat penting.

"Kami akan tetap meneruskan semua kebijakan yang telah kami rencanakan bagi Indonesia. Raja baru juga akan memastikan bahwa semua kebijakan di antara kedua negara akan tetap berlaku," ujar Zwaan.

Kedekatan hubungan itu diwujudkan Ratu Maxima yang pernah mengunjungi Indonesia sebanyak dua kali. Kunjungan pertama terjadi tahun 2012 dan yang kedua dilakukan pada Maret 2013 lalu dengan menghadiri pertemuan High Level Panel on Millenium Development Goals di Bali.

"Ratu Maxima berdiskusi mengenai pembiayaan keuangan bagi usaha kecil dengan Presiden SBY, karena dia memiliki kapasitas di bidang itu sebagai penasihat Sekjen PBB. Dia juga sangat berminat sekali untuk kembali ke Indonesia," kata Zwaan.

Dalam acara resepsi tadi malam, terlihat beberapa tamu penting seperti duta besar negara sahabat dan beberapa mantan menteri Indonesia. (umi)

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024