PM Malaysia: Pemilu Berjalan Lancar

PM Malaysia Najib Tun Razak.
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, mengatakan proses pemilu ke-13 negeri jiran yang dilaksanakan Minggu, 5 Mei 2013, sejauh ini berjalan lancar dan belum menemui satu hambatan apa pun.

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Najib juga menjamin bahwa hasil proses pemilu tahun ini berjalan transparan, karena turut melibatkan banyak pemantau, baik dari dalam dan luar Malaysia.

Hal itu diungkapkan Najib usai memberikan hak suaranya pada pukul 09.00 waktu setempat di Sekolah Menengah Sains Sultan Haji Ahmad Shah, Pekan, Pahang. Didampingi sang istri, Datin Seri Rosmah Mansor, Najib yang mengenakan kemeja putih memastikan pemilu akan berjalan dengan lancar.

"Tidak ada alasan untuk khawatir atau takut, karena semuanya berjalan sesuai dengan rencana dan di bawah kendali," ujar Najib seperti dilansir laman The Star.

Dia berharap situasi kondusif ini akan tetap berlanjut hingga proses pengumuman pemenang pemilu yang akan dilakukan besok pukul 19.30 waktu setempat. Dia pun meminta dukungan rakyat Malaysia untuk menyukseskan pemilu dengan mendatangi lokasi pemungutan suara lebih awal dan kemudian menggunakan hak suara mereka.

Dalam kesempatan itu, Najib juga mengaku sangat puas dengan perkembangan sistem pemilu yang berlangsung di negeri jiran itu.

"Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak puas, karena telah melalui proses yang sangat panjang dengan melibatkan banyak pihak termasuk oposisi," kata Najib yang mewakili daerah Pekan selama duduk di kursi parlemen.

Bahkan, pihaknya mengakomodasi penggunaan tinta anti luntur yang sebelumnya diajukan oleh pihak oposisi sebagai bentuk cerminan kredibilitas proses pemilu. Ketika ditanya mengenai tanggapan soal pihak tertentu yang akan membuat kekacauan, apabila hasil pemilu tidak sesuai dengan keinginan mereka, Najib menjawab hal itu malah akan merugikan citra Malaysia.

"Ini akan menghancurkan citra Malaysia. Sebagai warga, terlepas dari perbedaan pandangan politik, kami harus melindungi martabat dan citra negara ini. Biarkan proses pemilu berjalan lancar dan semua orang harus dapat menerima hasilnya dengan lapang dada," kata Najib seperti dikutip kantor berita Bernama, Minggu 5 Mei 2013.

Usai memberikan suaranya, Najib akan mengunjungi negara bagian Selangor untuk menyaksikan proses pemilu di daerah itu. (art)

Mobil Porsche terendam banjir di Dubai

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Komunitas perumahan dan vila di Dubai terkena dampak terberat akibat hujan lebat dan banjir bandang, yang memecahkan rekor di Uni Emirat Arab pada minggu ini.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024