Pulang dari Suriah, TKI Ceritakan Kondisi Perang Saudara

Foto-foto Pemenang World Press Photo 2013
Sumber :
  • Reuters/HO

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri bersama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BNP2TKI) terus memulangkan para Warga Negara Indonesia yang bekerja di negara-negara konflik.  Salah satunya di Suriah. Namun, pemerintah diminta cegah penyalur TKI yang tetap kirimkan warga ke zona-zona berbahaya. 

Puluhan TKI yang berkerja di Suriah, yang tengah dilanda Perang Saudara,  tiba di Terminal Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Minggu malam, 5 Mei 2013. Mereka menggunakan pesawat Etihad, yang diterbangkan langsung dari Beirut, Lebanon.

Polisi Berlakukan One Way Urai Kepadatan Arus Balik di Jalur Gentong Tasikmalaya

Seorang TKI, Imas Marina Binti Kosasih, mengungkapkan kondisi di Suriah masih mencekam dan sangat membahayakan. "Perang masih terus berlangsung," ungkap Imas.

"Pada malam hari kami tak bisa tidur karena suara bom dan tembakan sering terdengar. Sangat membahayakan kondisi di sana," lanjut perempuan asal Purwakarta itu .

Imas, yang saat ini berada Balai Pelayanan Kepulangan Tenaga Kerja Indonesia, menambahkan saat ini masih banyak rekannya yang  berada di wilayah konflik perang di Suriah.

Didekati Erick Thohir, Emil Audero Punya Statistik Mentereng di Serie A

Berdasarkan pantauan di Balai Pelayanan Kepulangan Tenaga Kerja Indonesia di Terminal IV Bandara soekarna Hatta, terlihat para TKI yang baru tiba merasa bersyukur dapat kembali ke tanah air setelah beberapa bulan berada dalam konflik perang.

Awasi Swasta

Mulai Lelah, Lin Jarvis Resmi Tinggalkan Tim Yamaha MotoGP

Sementara itu, Direktur Lembaga Pendamping dan Pengembangan Tenaga Kerja (LPPTKI), Norma Wati, yang mendampingi para TKI tiba di Tanah Air, mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kemenlu terkait dengan repatriasi bagi para WNI khususnya para TKI yang masih berada di daerah konflik di Suriah.

Namun Norma meminta Pemerintah melalui Kementrian tenaga kerja untuk dapat lebih mengawasi pihak swasta dalam hal ini PJTKI yang masih saja bisa memberangkatkan para TKI ke Timur Tengah walaupun sudah tidak ada kerjasama terkait dengan pengiriman TKI ke wilayah itu.

BNP2TKI melakukan pemeriksaan kesehatan, memberikan tempat istirahat sebelum mereka diarahkan ke angkutan yang akan mengantarkan mereka kembali ke kediamannya masing-masing. (ren)

Kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi

Bukti Kuat Emil Audero Jadi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu dengan kiper Inter Milan yang memiliki keturunan Indonesia, Emil Audero. Dia pun diisukan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024