Kisah Si Pencuci Piring Selamatkan 3 Gadis Disekap di Cleveland

Charles Ramsey penolong tiga perempuan disekap di Cleveland jadi terkenal
Sumber :
  • npr.org
VIVAnews
Jabatan Guru Berprestasi di Dikbud Ini Dicopot Pj Gubernur NTB
- Charles Ramsey, seorang pencuci piring, mendadak terkenal setelah aksinya membebaskan tiga perempuan yang disekap di sebuah rumah di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Ramsey yang pernah menjadi narapidana mendadak jadi pahlawan.

PPP Tergoda Gabung ke Koalisi Besar Prabowo? Begini Jawaban Mengejutkan Sandiaga

Ramsey pun menjadi fenomena viral di internet. Wawancara sebuah televisi lokal dengannya tak lama setelah kejadian penyelamatan diberikan latar musik dan diparodikan. Hasilnya, lebih dari 400.000 kali disaksikan di YouTube.
Jelang Lebaran 2024, Pertamina Patra Niaga Papua Maluku Sidak SPBU Nabire Papua Tengah


Di Twitter, Ramsay pun mendadak ternama. Dalam wawancara yang sama, Ramsay menyatakan sebelum menyelamatkan perempuan itu, dia sedang memakan burger McDonalds. Dia pun menaruh burgernya, mendekati rumah tempat penyekapan tiga perempuan itu.


Restoran McDonald pun beraksi di Twitter dengan twit "Kami menuju Charles Ramsey, kami akan bertemu." Juru bicara McDonald menyatakan akan menemui Ramsey untuk memberinya sesuatu.


Saat diwawancara ABC dan CNN, Ramsey menolak menyebut dirinya seorang pahlawan. Dia berkata pada pembawa acara CNN, jika sebelumnya dia bermasalah tidur karena tak punya uang, kini bermasalah tidur karena memiliki tetangga seperti Ariel Castro yang bisa menyekap perempuan dan anak selama bertahun-tahun di kediamannya.


Restoran Hodge yang mempekerjakan Ramsey, telah membuat kaos oblong memperlihatkan muka Ramsey dan kata-kata "Pahlawan Cleveland" yang hasil penjualannya akan diserahkan pada tiga perempuan yang disekap. Permintaan kaos itu membeludak sehingga laman restoran itu kolaps tak bisa diakses.


Pemilik restoran, Scott Kuhn, menyatakan Ramsey baru bekerja di tempatnya 10 bulan. Ramsey menurutnya, seorang "karakter dan dia dapat membuat Anda tertawa dan saya suka itu."


Namun, Ramsey bukan satu-satunya pahlawan pada Senin 6 Mei itu. Ada satu tetangga Castro lainnya, Angel Cordero, yang sebenarnya lebih dulu mendobrak pintu rumah itu untuk menyelamatkan korban yang sebelumnya berteriak. Cordero mendobrak pintu yang terkunci dengan tendangannya.


Sementara Ramsey menyusul kemudian. Namun Ramseylah yang menghubungi pihak gawat darurat dan polisi.


Masa Lalu Ramsey


Ramsey yang berusia 43 tahun bukanlah tipe manusia sempurna. Masa lalunya juga kelam.


Tahun 1993, dia didakwa menadah barang curian sehingga mendapat pidana setahun penjara. Tahun 2003, dia melakukan kekerasan dalam rumah tangga sehingga ditahan 9 bulan. Belakangan, dia pun cerai dengan istrinya itu.


Mitchell Yelsky, penasihat Ramsey di tahun 2003, mengingat Ramsey seseorang yang bisa diajak kerjasama. "Dan sekarang dia pahlawan Cleveland dan dia pahlawan dari tiga perempuan dan seorang anak. Jadi, apa pun yang dia lakukan di masa lalu, dia telah menebusnya dengan aksi kepahlawanannya pada hari Senin," kata Yelski.


Sementara polisi telah menangkap tiga kakak beradikĀ  Ariel, Pedro dan Onil Castro dalam kasus penyekapan yang menimpa Michelle Knight, Amanda Berry dan Gina DeJesus ini. Ariel didakwa dengan sejumlah pasal termasuk pemerkosaan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya