Ini Negara Terbaik untuk Jadi Ibu

Ilustrasi ibu.
Sumber :
  • Ibu
VIVAnews -
Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
Finlandia menjadi negara terbaik untuk menjadi seorang ibu. Hal ini didasarkan pada survei dan penelitian tahunan yang dilakukan oleh lembaga Save the Children.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Laporan Save the Children bulan Mei tahun ini mengetengahkan hubungan antara ibu dan kesehatan anak.
Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat
CNN mencatat, ada lima indikator keberhasilan sebuah negara dalam mendukung peran ibu dan anak versi Save the Children, yaitu kesehatan ibu, kesehatan anak, status pendidikan ibu, status ekonomi dan status politik.

Finlandia dianggap negara yang paling tinggi peringkatnya dalam lima indikator tersebut, disusul oleh Swedia dan Norwegia. Australia adalah satu-satunya negara non-Eropa yang masuk dalam jajaran 10 besar negara terbaik bagi seorang ibu.

Sementara 10 urutan terbelakang ditempati oleh negara-negara Afrika. Negara paling bontot dalam daftar 176 negara tersebut adalah Republik Demokrasi Kongo, terlebih karena kemiskinan dan perang saudara berkepanjangan. Indonesia menempati posisi ke-106 dalam daftar tersebut.

Amerika Serikat menempati urutan pertama negara dengan jumlah kematian janin terbanyak di dunia, atau 1 dari 8 janin. Hal ini disebabkan oleh usia janin yang prematur dan pendidikan ibu yang kurang. Kebanyakan ibu di negara ini adalah ibu remaja yang belum matang betul untuk merawat anak.


Laporan kali fokus pada kesehatan bayi dan kematian bayi dalam hari-hari awal kehidupannya. Menurut laporan Save the Children, lebih dari satu juta bayi meninggal di hari kelahirannya. Hampir tiga juta bayi meninggal di bulan pertama kehidupannya.


Peringkat pertama dalam 10 negara dengan angka kematian bayi tertinggi adalah India dengan 876.200 bayi pertahun. Indonesia menempati peringkat ke-8 dengan 66.300 bayi meninggal dunia per tahun, setelah Nigeria, Pakistan, China, RD Kongo, Ethiopia dan Bangladesh.


Lembaga asal Inggris ini mengatakan bahwa 75 persen angka kematian bayi bisa dihindari dengan cara-cara sederhana dan dasar. Di antaranya adalah menggunakan antiseptik untuk membersihkan tali pusar demi mencegah infeksi, cara perawatan "kantung kangguru" untuk menjaga bayi tetap hangat, atau mendorong ibu untuk memberikan ASI ekslusif.


Berikut adalah daftar 10 teratas dan terbawah negara terbaik bagi ibu:


Sepuluh teratas:


1. Finlandia


2. Swedia


3. Norwegia


4. Islandia


5. Belanda


6. Denmark


7. Spanyol


8. Belgia


9. Jerman


10. Australia



Sepuluh terbawah:


167. Pantai Gading


168. Chad


169. Nigeria


170. Gambia


171. Republik Afrika Tengah


172. Niger


173. Mali


174. Sierra Leone


175. Somalia


176. Republik Demokrasi Congo
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya