Kementerian dan Perusahaan Suriah Masuk Daftar Hitam AS

Presiden Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVAnews - Kementerian Keuangan Amerika Serikat memasukkan empat kementerian, perusahaan maskapai dan stasiun televisi di Suriah dalam daftar hitam mereka karena membantu pemerintahan Assad menggempur oposisi.

Diberitakan Reuters, Kamis 16 Mei 2013, empat kementerian Suriah tersebut adalah kementerian pertahanan, kesehatan, industri dan kehakiman. Keempat kementerian ini telah mendukung kampanye penyiksaan dan pembunuhan oleh rezim Assad.

Maskapai Suriah yang dimasukkan dalam daftar hitam adalah Syrian Arab Airlines. Maskapai ini diduga membantu Garda Revolusi Islam Iran untuk mengirimkan persenjataan, seperti roket, senjata anti-jet tempur dan amunisi kepada pemerintah Suriah.

Stasiun televisi Al-Dunya juga masuk dalam daftar ini. Stasiun televisi ini menyebarkan propaganda rezim Assad dengan memaksa warga memberikan kesaksian palsu. Al-Dunya juga sering menampilkan senjata-senjata palsu untuk memberi kesan kekejaman pasukan pemberontak.

"Kementerian Keuangan AS akan menggunakan seluruh perangkat dalam institusi kami untuk menguak dan merusak jaringan finansial pemerintah Suriah dalam kampanyenya menekan rakyat," ujar Direktur Finansial Terorisme dan Intelijen di Kementerian Keuangan, David Cohen.

Dengan dimasukkannya kementerian dan perusahaan Suriah di daftar hitam, berarti tidak boleh ada warga atau perusahaan di AS yang melakukan transaksi keuangan dengan mereka. Seluruh aset mereka di bank-bank AS juga akan dibekukan.

Pemerintahan Barack Obama telah menjatuhkan sanksi bagi Suriah sejak pecahnya revolusi di negara itu dua tahun lalu. Pada 2011, seluruh aset Suriah di AS dibekukan dan warga AS dilarang investasi di Suriah.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Sanksi juga diberikan untuk bank sentral Suriah, perusahaan minyak dan lebih dari 100 orang di Suriah. Diperkirakan, sebanyak 80.000 orang telah tewas, termasuk warga sipil, wanita dan anak-anak di Suriah.

Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024