Biaya "Dandan" PM Israel Sekitar Rp173 juta

Sumber :
  • REUTERS/Joshua Roberts
VIVAnews -
Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi olok-olok publik lantaran biaya hidupnya yang besar menggunakan uang rakyat. Termasuk yang paling mahal adalah biaya dandan Netanyahu, termasuk penata rambut pribadinya.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Diberitakan
Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih
Telegraph , seluruh biaya hidup Netanyahu dipublikasikan atas permintaan kelompok aktivis Freedom of Information di Israel. Seluruh biaya yang ditampilkan bertolak belakang dengan anjurannya untuk mengetatkan anggaran demi penghematan.


Biaya untuk tiga rumahnya tahun lalu senilai lebih dari Rp8,8 miliar, naik 80 persen dibanding pengeluaran tahun 2009. Rumah itu adalah kediaman resmi Netanyahu di Balfour Street di distrik Rahavia, Yerusalem, dan rumah pribadinya di tepi pantai dekat Gaza dan Caesarea.


Belum lagi biaya makanan dan pelayan yang tahun lalu hingga senilai Rp1,3 miliar. Biaya bersih-bersih sendiri tahun lalu mencapai Rp297 juta.


Namun yang paling mengejutkan adalah biaya "dandan" PM yang akrab disapa Bibi ini. Untuk pakaian, sepatu,
make-up
, dan perawatan rambut, dia menghabiskan lebih dari Rp173 juta. Penulis kolom di koran
Yedioth Ahronoth
, Shimon Shiffer, membenarkan hal ini.


Dalam sebuah tulisannya, Shiffer mengatakan bahwa tahun lalu dia sempat menemani Netanyahu meninjau pagar perbatasan dengan Mesir. Dia melihat dua pria membawa tas besar. Shiffer menduga, pria-pria ini mungkin membawa kunci bagi gudang senjata nuklir Israel. Tapi ternyata, keduanya adalah penata rambut pribadi Netanyahu.


Selain itu, pada kunjungan ke China pekan lalu, Netanyahu membawa serta 31 orang bersamanya. Bandingkan pada kunjungan mantan PMĀ  Ehud Olmert ke negara itu pada 2007 yang hanya membawa 18 orang.


Ternyata, beberapa orang yang dibawa Netanyahu adalah penata rambut untuk dirinya, istrinya dan dua putranya yang sudah dewasa.


Sebelumnya, Netanyau juga dikecam lantaran untuk terbang ke London dengan pesawat yang dilengkapi tempat tidur. Awal tahun ini, dia juga dikritik habis-habisan karena memesan es krim kesukaannya seharga Rp26,2 juta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya