Wanita Saudi Taklukkan Gunung Everest

Raha Moharrak, wanita Saudi pertama yang mendaki Everest
Sumber :
  • Facebook
VIVAnews -
Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah
Raha Moharrak mencetak sejarah dengan menjadi wanita Arab Saudi pertama yang berhasil menaklukkan puncang Gunung Everest. Wanita 25 tahun ini juga merupakan orang Arab termuda yang pernah mendaki Everest.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Diberitakan
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Al-Arabiya , Sabtu 18 Mei 2013, Moharrak tergabung dalam tim ekspedisi empat orang, termasuk dua pria pendaki dari Qatar dan Palestina. Kedua pria ini akan menjadi orang pertama dari negara mereka yang memuncaki Everest.


Ekspedisi pendakian ini bertujuan untuk menggalang dana sejuta dolar untuk proyek pendidikan di Nepal. Moharrak berasal dari Jeddah dan saat ini sedang menempuh kuliah di Dubai.


Dalam biografinya, Moharrak meyakinkan keluarganya bahwa pendakian itu sendiri adalah tantangan. "Saya tidak peduli menjadi yang pertama. Sepanjang saya bisa menginspirasi orang lain untuk menjadi yang kedua," kata Moharrak.


Prestasi Moharrak ini adalah satu lagi bukti Arab Saudi mulai memperbolehkan wanita untuk berbagai aktivitas olahraga. Awal bulan ini, Saudi telah memperbolehkan siswi di sekolah swasta berolahraga, selama sesuai dengan norma Islam.


Pada Olimpiade tahun lalu, dua wanita Saudi menjadi yang pertama mewakili negara tersebut. Keduanya mengenakan jilbab yang didesain khusus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya