FBI: Tidak Ada Sabotase Pada Kecelakaan Kereta Connecticut

Dua Kereta Komuter Bertabrakan
Sumber :
  • Abcnews
VIVAnews -
Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan
Biro Investigasi Federal (FBI) tidak menemukan adanya sabotase dalam peristiwa kecelakaan kereta di Connecticut Jumat malam pekan lalu. Sementara pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi AS (NTSB) mengaku kini fokus pada penyelidikan kerusakan rel yang diduga jadi penyebab kecelakaan.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Menurut kantor berita
Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati
CNN , Minggu 19 Mei 2013, pada rel yang rusak tersebut juga ditemukan retakan. Menurut petugas NTSB yang ditemui di lokasi kecelakaan, Earl Weener, retakan itu dapat disebabkan akibat kecelakaan itu atau telah ada sebelum peristiwa kecelakaan terjadi.


"Kami akan mengirimkan sebagian dari rel itu ke laboratorium di Washington untuk diperiksa," ujar Weener kepada media.


Selain memeriksa rel, pihak penyidik turut memeriksa kondisi rem, roda, kecepatan, jalur kereta dan informasi lainnya yang terekam dalam data rekaman. Perilaku dan tindakan kru yang bekerja di kereta itu, ikut diperiksa.


Sementara bangkai kereta tidak akan dipindahkan dari lokasi kejadian hingga pihak penyidik selesai melakukan pemeriksaan. Weener menambahkan sebelum jalur kereta dapat dibuka kembali, maka rel yang rusak itu harus diperbaiki terlebih dahulu.


Akibat musibah ini, jalur kereta yang melintasi lokasi kecelakaan akan ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan, ini termasuk kereta komuter Metro North yang melayani jalur New Haven dan South Nowrwalk, Connecticut sejauh 48 kilometer. Hal ini sudah pasti akan memberatkan warga karena jalur itu merupakan jalur satu-satunya untuk menuju dan keluar dari Kota New York dengan kereta.


Gubernur Connecticut, Dannel Malloy, berjanji akan mencarikan cara alternatif agar penumpang Metro North tetap dapat beraktivitas. Caranya dengan mengarahkan rel dari stasiun Brigeport ke stasiun lain yang terdekat di Norwalk Selatan.


Diberitakan sebelumnya, kecelakaan itu terjadi Jumat pekan lalu pada pukul 18.10. Kereta dari arah kota New York menuju New Haven tiba-tiba keluar jalur dan menabrak kereta berada di sebelahnya.


Sebanyak 67 orang terluka, tinggal tujuh yang masih dirawat di rumah sakit. Sedangkan korban kritis masih tersisa tiga orang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya