Tornado Gempur Oklahoma, Puluhan Siswa SD Hilang

Ilustrasi tornado.
Sumber :
  • Our Amazing Planet
VIVAnews - Badai tornado menggempur negara bagian Amerika Serikat, Oklahoma, Kansas, dan Iowa, Senin petang, 20 Mei 2013, waktu setempat. Media lokal melaporkan kerusakan terparah akibat hantaman tornado raksasa ini terjadi di dekat Kota Shawnee, sekitar 55 kilometer dari Kota Oklahoma. Akibatnya, satu orang dilaporkan tewas sementara puluhan lainnya luka-luka. 
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Seperti dilansir Fox News, satu korban tewas adalah seorang pria berusia 79 tahun yang ditemukan di lapangan terbuka. Selain itu, satu bangunan sekolah hilang tersapu badai tornado. Setidaknya sekitar 75 siswa berada di dalam gedung The Plaza Elementary School saat kejadian.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Saat ini, tim penyelamat Oklahoma fokus melakukan upaya penyelamatan dan pencarian di sekitar lokasi. Sebab, jumlah siswa dan guru yang kemungkinan berada di dalam sekolah ketika badai tornado menghempas habis bangunan itu, masih simpang siur. 
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Seorang saksi mata mengatakan sempat melihat sejumlah siswa dari sekolah itu sudah sempat diungsikan ke sebuah gereja sebelum tornado terjadi. Namun, kondisi gereja itu pun belum bisa dipastikan hingga kini.

Sementara, kondisi sekolah itu setelah dihempas tornado hanya menyisakan puing pondasi dan dinding. 

Keadaan darurat

Angin puyuh ini dilaporkan juga terjadi di empat negara bagian lainnya yakni di Iowa, Minnesota, Kansas, dan Illinois. Badan Cuaca Nasional (NWS) mengeluarkan peringatan bahwa gerak tornado membahayakan sedang mendekati Kota Wichita, Kansas.

"Masyarakat diminta segera meninggalkan Oklahoma," tulis media.

Di Oklahoma, stasiun televisi lokal melaporkan, tornado menghantam sebuah truk trailer yang diparkir di Highway 102 dekat Shawnee.

"Pepohonan tumbang dan puluhan rumah hancur. Jaringan listrik padam dan tiang-tiang listrik bergeletakan di jalanan," lapor Fox25.

Salah seorang warga setempat, Amber Ash, mengatakan, rumahnya dihantam tornado saat dia berada di tempat penampungan korban tornado. "Usai badai lewat, kami keluar dan menyaksikan kerusakan di mana-mana. Semuanya hancur berantakan," ujar Ash.

Kota Edmond paling serius mengalami kerusakan, namun tak ada laporan korban luka di kota ini. Kini, dilaporkan televisi lokal, warga yang terdampak badai harus meninggalkan kediamannya tanpa aliran listrik.

Gubernur Mary Fallin mengatakan negara bagian dinyatakan dalam keadaan darurat untuk 16 kota guna mengatasi hal-hal buruk yang terjadi di Oklahoma. "Mulai sekarang, kami bekerja keras melakukan penyelamatan dan pemulihan," kata Fallin. Dia melanjutkan, "Kami tidak akan pergi sebelum semuanya beres."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya