Darah Mahatma Gandhi Dilelang di Inggris

Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe
Sampel darah mantan pemimpin India Mahatma Gandhi akan dilelang di London, Inggris, pada Selasa waktu setempat. Diperkirakan, dua tetes darah Gandhi ini akan laku antara 10.000-15.000 pound sterling (Rp148-222 juta).

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Sampel darah itu diambil pada tahun 1924 saat Bapak kemerdekaan India itu dalam masa pemulihan usai operasi usus buntu di Mumbai. Saat itu dia diduga mendonorkan darahnya untuk keluarga pemilik rumah tempatnya tinggal.
Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah


"Bagi pemuja Gandhi, darah ini sama seperti benda suci bagi orang Kristen," kata Richard Westwood-Brookes, sejarawan di rumah lelang Mullock's, tempat darah itu akan dijual pada penawar tertinggi, seperti diberitakan
Asia One
.


"Ini adalah artefak yang dicari-cari para pengikut Gandhi, terutama di India, pasti banyak yang akan menawarnya," ujarnya lagi.


Selain sampel darah, Mullock's juga akan melelang berbagai barang pribadi Ghandi, seperti sendal, syal dan seprai tempat tidur.


Barang-barang Gandhi yang dijual rumah lelang biasanya laku keras, betapapun tidak masuk akalnya benda tersebut. Contohnya tahun lalu, sampel tanah dan rumput dengan darah Gandhi saat dia dibunuh tahun 1948 laku terjual hingga lebih dari Rp140 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya