DUNIA

Jabang Bayi Ditemukan Tersangkut Dalam Pipa Toilet

Petugas harus sangat hati-hati menggergaji pipa, sedikit demi sedikit.

ddd
Rabu, 29 Mei 2013, 09:01
Bayi malang ditemukan dalam pipa toilet di China
Bayi malang ditemukan dalam pipa toilet di China (Daily Mail)
VIVAnews - Seorang ibu di China tega membuang bayi kandungnya ke dalam toilet. Beruntung, nasib baik masih berpihak pada si jabang bayi. Dia ditemukan masih hidup, terhimpit di dalam pipa toilet.

Laman Dailymail, Selasa 28 Mei 2013, memberitakan bayi laki-laki yang diperkirakan baru berusia beberapa hari itu ditemukan oleh petugas pemadam kebakaran tersangkut di pipa pembuangan toilet umum lantai empat sebuah gedung. Awalnya sang pemilik gedung di Pujiang, China, mendengar tangisan seorang bayi dari dalam toilet pada Sabtu 25 Mei kemarin.

Dia kemudian menghubungi pemadam kebakaran untuk mencari asal sumber suara tangis dan menyelamatkan bayi tersebut. Saat petugas kebakaran tiba, mereka memutuskan untuk memotong pipa itu secara hati-hati.

Bayi malang itu rupanya terjebak di sebuah pipa toilet berbentuk huruf L. Merasa kesulitan mengeluarkan sang bayi, petugas pemadam kebakaran lalu membawa potongan pipa ke RS Daerah Pujiang.

Bersama tim dokter, tim penyelamat secara bergantian menggunakan tang dan gergaji untuk memotong bagian demi bagian pipa toilet itu dengan sangat hati-hati. Setelah dua jam berusaha, akhirnya tim penyelamat berhasil mengeluarkan bayi mungil tersebut.

Bayi itu diberi nama "Nomor 59", karena usai ditemukan selamat dan dalam kondisi kritis, bayi itu ditempatkan di inkubator 59. Menurut suster Zhang Songhe, saat ini kondisi bayi dengan berat 2,8 kilogram itu sudah stabil.

Namun menurut hasil diagnosa awal, bayi itu mengalami keretakan di bagian kanan atas tengkorak kepalanya dan memar-memar. Masih menurut Zhang, saat ditemukan, selain dipenuhi banyak kotoran, ari-ari bayi tersebut masih menempel di perutnya.

Walau sudah dalam keadaan stabil, pihak RS belum dapat memastikan kapan bayi itu dapat dibolehkan pulang. "Kami akan merawat bayi ini untuk sementara waktu," ujar Zhang.

Publik heboh

Cerita bayi dibuang ke toilet ini tak pelak membuat publik China geger dan marah. Terlebih potongan gambar pada saat proses penyelamatan bayi itu, tersebar di dunia maya.

"Orang tua yang tega melakukan itu, bahkan memiliki hati yang lebih kotor daripada pipa pembuangan," tulis seorang pengguna dunia maya.

Selain itu banyak juga warga China yang kemudian berbondong-bondong datang ke RS dan membawa berbagai bantuan seperti popok bayi dan susu formula. Bahkan ada yang sudah mengutarakan niatnya untuk mengadopsi bayi malang itu.

Masih belum jelas mengapa bayi itu bisa terjebak di pipa pembuangan toilet. Oleh sebab itu, polisi Pujiang langsung bergerak memburu sang ibu, dan sudah menahannya.

Saat ini ibu bayi itu dirawat di RS Daerah Pujiang. Menurut suster Zhang, usianya masih muda. "Ibu bayi itu sudah ditemukan dan saat ini dia berada di RS. Saya dengar usianya baru 22 tahun dan belum menikah. Saya tidak tahu mengapa dia membuang bayinya," ujar Zhang.

Di China, memang ada beberapa laporan di media yang menyebut beberapa bayi ditelantarkan setelah dilahirkan beberapa hari. Kebanyakan para ibu kandung bayi tersebut masih muda dan hamil di luar nikah. Selain itu, kebijakan pembatasan satu anak di China juga diduga turut menjadi pemicu banyaknya bayi yang ditelantarkan ini.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id