Presiden Obama: Pekerjaan Ayah Lebih Penting dari Jabatan Presiden

Presiden AS Barack Obama
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Heru Budi Mengaku Tak Tahu soal Anggaran Restorasi Rumah Dinas Capai Rp 22 M
Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi pesan khusus untuk memperingati hari ayah. Dalam sebuah video yang diunggah secara resmi oleh Gedung Putih tersebut, Obama menyatakan bahwa menjadi ayah merupakan pekerjaan paling penting di dunia.

Kondisi Terkini Anang Hermansyah dan Ashanty di Dubai, Kepulangan Tertunda Akibat Badai

Obama menyatakan, pekerjaan ayah bahkan lebih penting dari jabatan sebagai Presiden negara adidaya yang kini disandangnya. Laman
5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa
Dailymail , Minggu 16 Juni 2013, melansir pengakuan Obama yang dibesarkan tanpa pernah mengenal sosok ayahnya, Barack Husein Obama Senior.

Ibunya, Stanley Ann Dunham, bercerai dari sang suami, saat Obama lahir di tahun 1964. "Saya dibesarkan oleh seorang ibu dan sepasang kakek nenek yang hebat yang banyak berkorban untuk saya. Tapi saya tetap berharap memiliki seorang ayah yang tidak hanya hadir, namun ikut terlibat menanamkan nilai penting dalam kehidupan,"  ujar Obama dalam video tersebut.


Oleh sebab itu, Obama berjanji untuk memberikan apa yang dia tidak pernah dia dapat dari ayahnya itu kepada kedua putri mereka, Sasha dan Malia. Menurut Obama menjadi seorang ayah bukanlah pekerjaan yang mudah bagi siapa pun, entah itu bagi pasangan homo atau heteroseksual, orangtua kandung atau angkat.


"Itu membutuhkan perhatian konsisten Anda, pengorbanan, dan kesabaran yang tiada batas," ungkap Obama.


Kendati sudah menjadi orang nomor satu di negeri Paman Sam, Obama masih terus berupaya menjadi suami dan orangtua yang baik bagi isteri dan kedua putrinya. Dia ingin mendorong pernikahan dan keluarga yang kuat melalui reformasi UU Perlindungan Anak supaya para ayah lebih banyak terlibat dalam pengasuhan anak-anak mereka.


Undang orangtua gay

Walau hari Ayah dirayakan hari Minggu kemarin di Amerika Serikat, namun Gedung Putih mencuri start dengan mengadakan makan siang pada Jumat kemarin bersama publik. Dalam kesempatan itu dia menegaskan bahwa menjadi seorang ayah adalah pekerjaan terbaik yang dia miliki saat ini.


"Melalui acara ini, kita para pria diingatkan bahwa betapa beruntungnya menjadi seorang ayah, karena itu adalah pekerjaan terbaik yang kita miliki," kata Obama.


Dalam makan siang tersebut, Obama juga mengundang pasangan gay, Kent dan Diego Love-Ramirez. Pasangan tersebut turut mengajak serta putra mereka, Lucas, yang baru berusia 2,5 tahun.


Pasangan asal Michigan itu mengadopsi Lucas pada perayaan tahun baru di tahun 2011 silam. Diego saat itu yang memotong tali pusar putera mereka, sementara Kent menggendong Lucas kali pertama saat dia dilahirkan.


Mereka mengaku undangan makan siang dari Gedung Putih memiliki makna besar. Hal itu menunjukkan bahwa pemerintahan Obama melihat mereka sesuai menjadi sosok orangtua bagi putera mereka.


"Karena di negara bagian Michigan tidak mengakui dua orangtua angkat. Hanya satu saja di antara kami yang secara sah di mata hukum diakui sebagai orang tua Lukas. Sangat menyenangkan walau kami tidak diakui secara hukum di daerah kami. Namun Gedung Putih menilai kami sebaliknya," ujar Kent, seperti dikutip dari laman
Huffington Post.


Perayaan hari Ayah dirayakan di AS setiap tahun pada minggu ketiga di bulan Juni. Hari itu dirayakan untuk menghargai perang seorang ayah yang sangat berharga dalam membentuk karakter anak dan membangun bangsa.


AS merayakan hari Ayah kali pertama pada awal abad ke-20 untuk melengkapi perayaan hari ibu. Selain di AS, perayaan hari ayah juga diperingati di 47 negara lainnya di seluruh dunia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya