20-6-1837: Victoria Pimpin Kerajaan Inggris Raya

Lukisan Ratu Victoria oleh George Hayter
Sumber :
  • Wikimedia Commons / Government Art Collection United Kingdom
VIVAnews
Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik
- Pada 176 tahun yang lalu, Alexandrina Victoria ditunjuk menjadi penguasa Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia. Bergelar Ratu, Victoria hingga kini menjadi penguasa terlama dalam sejarah monarki Inggris.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Menurut stasiun berita
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang
BBC , Victoria ditunjuk sebagai penguasa kerajaan saat usianya masih belia, yaitu 18 tahun. Ini menyusul mangkatnya Raja Inggris, William IV, yang merupakan pamannya. Acara penobatan Victoria berlangsung setahun kemudian, 28 Juni 1838.


Ayah Victoria, yaitu Duke of Kent and Strathearn yang merupakan putra keempat mendiang Raja George III, wafat pada 1820. Begitu pula saudara-saudara kandung ayahnya, termasuk Raja William IV, yang wafat tanpa menyiapkan calon pengganti yang sah. Itulah yang membuat Victoria ditunjuk sebagai penguasa baru.


Ratu Victoria memimpin Inggris Raya selama 63 tahun dan tujuh bulan. Belum ada penguasa monarki Inggris yang bertahan selama itu, termasuk Ratu Elizabeth II, yang saat ini baru memimpin selama 60 tahun.


Semasa Victoria menjadi pemimpin monarki, Inggris mengalami perubahan besar di bidang sosial, ekonomi, dan teknologi. Ini yang membuat Inggris menjadi kekuatan industri dunia di abad ke-19 dan berhasil memperluas wilayah taklukan dan koloni hingga India dan pulau-pulau kecil di Lautan Pasifik.


Ketika Victoria ditunjuk menjadi Ratu, Inggris sudah mematangkan sistem monarki konstitusional. Siapapun raja atau ratunya, yang bersangkutan memiliki kekuasaan politik yang sangat terbatas karena sudah didominasi oleh parlemen dengan menunjuk perdana menteri.


Ratu Victoria memimpin hingga wafat pada 22 Januari 1901 di usia 81 tahun. Bersama suaminya, Pangeran Albert, Victoria dikaruniai sembilan anak dan 34 cucu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya