Astronot Cantik ini Sukses Mengajar dari Antariksa

Astronot China Wang Yaping mengajar di antariksa
Sumber :
  • CCTV
VIVAnews
Potret Mahalini Lebaran Bareng Rizky Febian dan Sule, Baju Seragam Bikin Salfok
- Astronot cantik China, Wang Yaping, hari ini memberi pelajaran secara langsung di depan puluhan juta murid dan guru. Uniknya, pelajaran ini dia berikan dari antariksa.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Menurut stasiun berita
Pj Gubernur Sumsel Gandeng Kadin Percepat Realisasi Program Gerakan Serentak
BBC , Wang bersama dua astronot lain sudah berada di stasiun angkasa luar China, Tiangong-1. Mereka ke Tiangong dengan menggunakan roket Shenzhou 10, yang diluncurkan dari Bumi 11 Juni lalu.


Selain mendukung pembangunan stasiun Tiangong-1 dan sejumlah eksperimen lain, misi tiga astronot China itu juga memberi pelajaran dari antariksa. Maka, sebagai satu-satunya perempuan, terpilihlah Wang sebagai "Ibu Guru."


Menurut stasiun televisi
CCTV
, pelajaran khusus ini berlangsung Kamis pagi waktu China. Lebih dari 60 juta murid dan guru dari sekitar 80.000 sekolah menengah di penjuru Tiongkok menyaksikan secara langsung pelajaran dari antariksa.


Selama mengajar, Wang menggunakan gasing, bola, air, dan seorang rekan astronotnya untuk menjelaskan ilmu fisika dalam gravitasi nol. Pilot Angkatan Udara China berusia 33 tahun itu memberi contoh konsep berat dan massa di angkasa luar.


Menggunakan alat khusus, dia lalu menimbang berat rekannya yang juga komandan awak Shenzhou 10, Nie Haisheng, sambil menjelaskan prinsip Hukum Newton. Wang pun menunjukkan gerak benda-benda dalam suasana gravitasi mikro di antariska.


Dia lalu meminta rekannya untuk membantu tubuhnya berputar 90 derajat, dan 180 derajat, di dalam stasiun Tiangong yang hampa udara. Setelah memberi penjelasan, Wang memberi kesempatan beberapa murid di Bumi untuk bertanya.


Ini merupakan kali kelima China mengirim astronot ke angkasa luar. Wang beserta dua rekannya akan pulang ke Bumi antara 25 atau 26 Juni 2013.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya