Presiden Obama Keliru Sebut Nama Menkeu Inggris

Presiden Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVAnews - Sebuah peristiwa memalukan menimpa Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, di perhelatan pertemuan tingkat tinggi G8, yang digelar awal pekan ini di Irlandia Utara.

Dia keliru menyebut nama Menteri Keuangan Inggris, George Osborne. Obama justru memanggil dia dengan nama Jeffry Osborne, yang belakangan diketahui nama musisi RnB favorit Obama.

Menurut Daily Mail, 20 Juni 2013, peristiwa itu terjadi ketika pemimpin berusia 42 tahun itu berpidato soal praktik mangkir bayar pajak.

Sebelum Obama berpidato, Menkeu Inggris menginformasikan rencana untuk menghentikan aksi perusahaan dan individu yang berusaha mengambil untung dengan tidak membayar pajak.

"Terima kasih atas pemaparan rencana itu, Jeffrey. Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan Jeffrey," ujar Obama mengomentari presentasi George.

Obama salah ucap nama George di hadapan para pemimpin negara dunia lainnya. Tak lama kemudian Presiden ke-45 AS itu menyadari kesalahannya dan berusaha membuat lelucon atas aksi salah ucap tersebut.

Mungkin karena memiliki nama belakang yang sama, sehingga membuat Obama bingung. Dia kemudian meralat ucapannya dan menegaskan dia tidak lupa nama George.

"Maaf kawan. Saya pasti telah keliru dan bingung membedakan Anda dengan penyanyi R&B favorit saya," ujar Obama berkilah.

Peristiwa itu tak pelak menjadi perbincangan hangat publik dan media massa. Bahkan sang penyanyi legendaris, Jeffrey Osborne, tidak menyangka namanya bisa dibawa-bawa dalam pertemuan tinggi para pemimpin dunia tersebut.

Kepada Sky News, penyanyi yang populer dengan single On The Wings of Love pada 1982 silam itu mengaku senang namanya disebut sebagai penyanyi favorit orang nomor satu di negeri Paman Sam tersebut.

"Sesungguhnya saya sangat senang. Namun saya tidak menyangka bahwa dia begitu menyukai saya. Sampai-sampai keliru memanggil anggota parlemen menjadi Jeffrey Osborne," ujar Jeffrey.

Mantan vokalis utama di band L.T.D yang populer di tahun 1970an itu kemudian mengajak George untuk berduet apabila dia punya kesempatan mampir ke Inggris. Gayung bersambut, melalui akun Twitternya, George menerima ajakan tersebut.

"Satu terobosan yang tidak diduga sebelumnya dari G8, yaitu mendapat tawaran menyanyi dengan seorang legenda hidup @_JeffreyOsborne. Jeff, saya rasa kamu tidak akan menawari duet apabila kamu mendengar saya bernyanyi," tulis George dengan menyebut nama sang penyanyi di Twitternya.

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat Soroti Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

Lelucon Belaka

Peristiwa itu ikut terdengar hingga ke gedung parlemen Inggris di Westminster. Juru bicara Perdana Menteri Inggris, Jean-Christophe Gray,  mengatakan tidak terlalu mengambil pusing kekeliruan yang dilakukan Obama.

Grup BUMI Borong 9 Penghargaan Terbaik di CSR dan PDB Awards 2024, Langsung Diserahkan Wapres RI

Gray menganggap kejadian itu sebagai lelucon belaka. Kepada media yang menemuinya, dia malah ikut mengomentari kejadian tersebut.

"Seorang teman saya yang merupakan penggemar Jeffrey Osborne mengatakan bahwa salah satu lagu favoritnya berjudul Panggil Nama Saya," ujar Gray kepada wartawan di gedung parlemen.

Peristiwa ini ikut menginspirasi seorang pengguna dunia maya yang kemudian iseng menyunting informasi mengenai George di laman Wikipedia.

Di sana tertulis nama George menjadi Jeffrey Linton Osborne, lengkap dengan keterangan seorang musisi R&B, pencipta lagu dan penulis lirik yang pernah menjadi vokalis utama band L.T.D.

Kemudian di bulan Juni 2013, dia terpilih sebagai Menkeu Inggris. Informasi palsu itu sempat dibiarkan terpajang di Wikipedia selama beberapa jam, sebelum akhirnya dihapus. 

Namun bukan hanya George saja yang kena ulah Obama. Wakil PM Inggris, Nick Clegg juga ikut jadi sasaran lelucon Obama. Dia disebut secara fisik lebih keren dibanding sang atasan, PM David Cameron. (ren)

film Kingdom of the Planet of the Apes.

Gandeng Animator Indonesia, 3 Hal Harus Diketahui dari Film Kingdom of the Planet of the Apes

Disutradarai Wes Ball film Kingdom of the Planet of the Apes jadi pembuka era baru dalam franchise fenomenal favorit para penggemar ini lewat kisah berlatar ratusan tahun

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024