Akibat Asap, 200 Sekolah di Malaysia Diliburkan

Siswa di Muar, Malaysia, mengenakan masker akibat kabut asap
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Asap kebakaran hutan gambut di Pulau Sumatera ikut dirasakan oleh penduduk kota Johor, Malaysia. Gara-gara asap kabut tersebut, lebih dari 200 sekolah di daerah tersebut untuk sementara waktu diliburkan.

Laman Asia One, Jumat 21 Juni 2013 melansir penutupan sekolah dilakukan di beberapa kota seperti di Muar, Ledang, Batu Pahat, dan Pasir Gudang. Pihak sekolah terpaksa meliburkan kegiatan belajar mengajar, karena situasi udara di luar sudah tak lagi sehat untuk dihirup dan membahayakan.

Di Distrik Muar dan Ledang, tingkat polusi udara (API) mencapai angka 383 pada Kamis malam kemarin. Menurut Direktur Pendidikan Pemerintah, Mohd Nor A. Ghani, lebih dari 76.940 siswa SD dan SMP diliburkan.

Dia menyebut API di sekolah itu sudah melebihi angka 300. "Kami akan terus memberikan informasi terbaru melalui surat edaran kepada sekolah-sekolah dan media mengenai situasi ini," ujar Ghani.

Ghani juga mengatakan, apabila kondisi API masih dapat ditoleransi, pihak sekolah dibolehkan tetap mengadakan kegiatan belajar, tetapi tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan luar sementara waktu.

Ghani menyebut alasannya membiarkan sekolah libur, karena kabut asap sudah mengganggu kesehatan dan ada beberapa siswa dilaporkan mengalami mata berair serta kesulitan bernapas. "Sehingga kami perlu cepat bertindak sebelum situasi memburuk," imbuh Ghani.

Sementara itu, Pejabat Pendidikan di Distrik Muar, Ahmad Othman, mengatakan bahwa surat edaran sudah dikirim ke seluruh 211 SD daerah Muar dan Ledang saat API mencapai angka 300. Dia mengimbau kepada siswa yang sudah terlanjur berangkat ke sekolah untuk tetap berada di ruang kelas hingga pelajaran berakhir.

Sedangkan apabila ada kelas siang, maka Ahmad meminta sesi itu diliburkan. Sekolah baru dapat dibuka kembali saat API menunjukkan penurunan di bawah angka 300.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Di Distrik Pasir Gudang dan Batu Pahat, API terbaru menunjukkan angka 333 daan 300 pada Kamis kemarin. Alhasil, sebanyak 70 SD dan 35 SMP di Distrik Pasir Gudang sudah diliburkan sejak hari ini.

Sementara itu, di Batu Pahat, sekolah sudah dinyatakan libur selama dua hari saat API menyentuh angka 300. Penutupan sekolah selama beberapa hari di berbagai distrik telah mendapat persetujuan Kementerian Pendidikan Malaysia. (art)

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024