DUNIA

China Larang Media Liput Pembukaan Toko Buku Taiwan

Toko buku itu menyewa area di gedung tertinggi China, Shanghai Tower.

ddd
Jum'at, 21 Juni 2013, 18:46
Ilustrasi membaca buku
Ilustrasi membaca buku (http://4.bp.blogspot.com)
VIVAnews - Pemerintah China memang sudah lama diketahui memiliki kebijakan menyensor penerbitan buku tertentu. Namun kini mereka ikut melarang media untuk meliput pembukaan jaringan toko buku asal Taiwan di kota Shanghai.

Kantor berita CNN, Jumat 21 Juni 2013 melansir toko buku bernama Eslite itu dilaporkan minggu ini baru saja menandatangani perjanjian untuk menyewa area seluas tiga lantai di gedung tertinggi China, Shanghai Tower.

Eslite menyewa area seluas 65 ribu meter persegi, dan akan dibuka 2015 bertepatan dengan pembukaan Shanghai Tower. Informasi pelarangan peliputan itu dikonfirmasi oleh media China, Shanghai Labor Newspaper kepada CNN pada Kamis kemarin.

Menurut media tersebut, mereka menerima sebuah pesan pendek dari Departemen Propaganda Pejabat Daerah Shanghai supaya tidak meliput soal kesepakatan penyewaan area tersebut. Hal serupa juga dilaporkan oleh harian Hongkong, South China Morning Post.

"Perihal toko buku Taiwan Eslite akan membuka sebuah cabang di Shanghai tidak perlu diliput lagi," tulis SCMP.

Sementara pejabat pemda Shanghai tidak menjelaskan alasan pelarangan media meliput kegiatan itu. Juru bicara Departemen Propaganda Pejabat Pemda Shanghai, malah mengaku tidak mengetahui adanya pelarangan itu.

Wakil Manajer Komunikasi Eslite, Jessie Lu, menolak berkomentar apakah pelarangan peliputan itu akan berdampak kepada toko buku tersebut secara langsung. Jessie juga enggan mengomentari judul buku apa saja yang akan dijual di toko buku cabang mereka di Shanghai.

Beberapa buku yang tidak diizinkan untuk dijual antara lain yang menyangkut China daratan termasuk buku yang ditulis oleh intelektual Taiwan, Ying Tai, yang membahas mengenai perang sipil di kalangan warga China.

Buku itu berjudul "Big River, Big Sea, Untold Stories of 1949". Toko buku Eslite didirikan tahun 1989 dan menjadi jejaring toko buku yang terbesar di Taiwan.

Mereka saat ini memiliki cabang di 40 kota berbeda, termasuk di ibukota Taipei yang melayani warga selama 24 jam. Toko buku mereka di Taipei berada di Menara Taipei 101 yang populer di kalangan penduduk setempat dan wisatawan.

Mereka membuka cabang pertama di Hongkong pada bulan Agustuss 2012 silam. Di sini, Eslite bebas menjual buku-buku yang dilarang dijual di China.

Sebagai kota adminstratif di bawah kedaulatan China, Hongkong tidak diwajibkan mengikuti aturan negeri Tirai Bambu yang melarang peredaran beberapa buku.  (sj)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id