Hentikan Protes, Presiden Brasil Gelar Referendum

Presiden Brasil Dilma Rousseff
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
5 Mahasiswa Muslim di India Terluka Akibat Ditimpuk Batu saat Salat
Presiden Dilma Rousseff Senin waktu setempat menggulirkan rencana referendum amandemen konstitusi demi menghentikan aksi massa di Brasil. Selain itu, dia juga menyatakan memenuhi tuntutan rakyat untuk mengurangi tarif angkutan umum.

Kejar Rekapitulasi, KPU Papua dan Papua Pegunungan Terbang ke Jakarta Malam Ini

Diberitakan
Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun
Reuters , Rousseff menyerukan rakyat untuk menggunakan suaranya demi mengamandemen konstitusi Brasil dalam referendum yang direncanakan akan digelar dua minggu lagi. Presiden juga mengumumkan akan memotong pajak tarif angkutan umum.


Selain itu, Rousseff menegaskan, pemerintahannya akan meningkatkan investasi di rumah sakit dan memberantas korupsi. "Aksi di jalanan memberitahukan kita bahwa negara ini ingin layanan publik yang berkualitas, langkah lebih efektif memerangi korupsi dan perwakilan politik yang responsif," kata Rousseff di hadapan gubernur dan walikota Brasil.


Pernyataannya ini disampaikan setelah pekan lalu ratusan ribu orang turun ke jalan-jalan kota Brasil. Aksi tersebut adalah yang terbesar dalam 20 tahun terakhir di Brasil. Di beberapa tempat, kondisi ricuh saat massa bentrok dengan aparat.


Rousseff mengatakan akan menyeret para pelaku kerusuhan dan penjarahan ke meja hijau. Namun, dia memuji semangat demokrasi dari para demonstran dan berjanji memenuhi tuntutan mereka.


Rousseff telah mengajukan dana tambahan US$22 miliar untuk investasi pada alat transportasi publik. Ini akan jadi sektor utama yang dibenahi Rousseff mengingat demonstrasi dipicu oleh kenaikan tarif bus. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya