Saudi: Pengurangan Kuota Haji demi Keamanan Jemaah

Calon jamaah haji mengikuti manasik di Lhokseumawe, Aceh.
Sumber :
  • ANTARA/Rahmad

VIVAnews – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk mengurangi kuota haji tahun 2013 selama masa renovasi Masjidil Haram. Pengurangan ini bertujuan untuk menjaga keamanan jemaah selama pelaksanaan ibadah haji.
 
Duta Besar Saudi untuk Indonesia Mustafa bin Ibrahim al-Mubarak pada konferensi pers di kediamannya di Jakarta siang ini, Kamis 27 Juni 2013, mengatakan bukan hanya kuota jemaah dari Indonesia yang dikurangi 20 persen, melainkan juga negara-negara lain dari seluruh dunia.

Kuota jemaah Saudi sendiri dikurangi 50 persen. Pengurangan dilakukan untuk mencegah jemaah berdesakan selama proses perluasan tempat thawaf di Masjidil Haram. “Ini demi keamanan dan kenyamanan jemaah haji. Perluasan sendiri dilakukan demi kelancaran pelaksanaan ibadah,” ujar Mustafa.
 
Per tahun, Indonesia mendapatkan jatah kuota sebanyak 211 ribu jemaah. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai pengirim jemaah haji terbanyak di seluruh dunia. Namun dengan pengurangan ini, tahun ini Indonesia hanya akan mengirimkan 168 ribu jemaah.
 
Mustafa mengatakan pengurangan kuota hanya berlaku selama masa renovasi dan pembangunan di Masjidil Haram. “Keputusan pengurangan kuota diambil oleh Qadi (hakim) dan OKI (Organisasi Kerja Sama Islam),” kata Mustafa.

Akibat pembangunan tersebut, lokasi thawaf yang seharusnya bisa menampung 48 ribu jemaah per jam, kini hanya mampu menampung 22 ribu jemaah. Kuota ini masih bisa bertambah atau berkurang, tergantung proses pembangunan nantinya.

Namun melihat prosesnya, kata Mustofa, sepertinya renovasi akan berlangsung cepat. Pada musim haji nanti dia menjamin tempat thawaf sementara sudah bisa digunakan. “Kami menjamin, tempat thawaf akan selesai pada Ramadan ini, pada musim haji,” ujar dia. (eh)

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh
Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution mengaku tidak mau mendaftar atau mengambil formulir di DPD Partai Golkar Sumatera Utara untuk maju Pilgu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024