Thesis Presiden Baru Iran Dituduh Hasil Plagiat

Hassan Rohani
Sumber :
  • REUTERS/Fars News

VIVAnews - Presiden baru Iran Hassan Rohani dituduh telah melakukan plagiarisme dalam thesis doktoralnya di sebuah universitas di Inggris. Dia diduga menjiplak sebuah buku yang ditulis oleh penulis asal Iran.

Diberitakan Telegraph, Kamis 27 Juni 20113, tuduhan ini pertama kali dilayangkan oleh seorang penulis Iran yang tinggal di London, Inggris, Behdad Morshedi.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Dia mengatakan, Rohani dalam thesisnya PhD-nya di Glasgow Caledonian University, menjiplak tulisan dari buku karangan Mohamed Hashem Kamali, kepala Institut Internasional Studi Islam Terpadu di Iran.

"Kamali memang dekat dengan rezim Iran, tapi buku itu dipublikasikan atas namanya dan penjiplakannya benar-benar mirip. Kami akan mengajukan petisi agar universitas mencabut gelar untuk Rohani," kata Morshedi, nama pena.

Plagiarisme ini diketahui setelah Glasgow Caledonian University menampilkan dua halaman dari thesis Rohani yang berjudul, "Fleksibilitas Syariah Berdasarkan Pengalaman Iran". Dari dua halaman itu, ada dua kalimat yang sama persis dengan buku tulisan Kamali. Thesis keseluruhan Rohani tidak bisa diperlihatkan pihak universitas.

Juru bicara kampus tersebut, Charles McGhee, mengatakan bahwa stafnya telah menerima petisi tersebut. Dia juga mengatakan, tuduhan yang sama dilayangkan seorang aktivis dari Amerika Serikat.

Berdasarkan penyelidikan kepustakaan, kata McGhee, memang beberapa kutipan diambil dari buku Kamali. Nama Kamali juga masuk dalam daftar pustaka thesis tersebut. Namun, menjiplak secara gamblang diharamkan.

Kaveh Moussavi, akademisi dari Universitas Oxford, memandang ini adalah sebuah tuduhan yang serius. Jika terbukti, dia mendesak pihak kampus untuk mencabut gelar Rohani. "Saya tidak tahu apakah dia menjiplak atau tidak. Yang Jelas, Glasgow Caledonian bukanlah tempat untuk PhD dengan subjek yurisprudensi Syiah atau politik Iran," kata Moussavi.

Sebelumnya, banyak juga yang meragukan kuliahnya Rohani di kampus itu. Pasalnya sebagai politisi dia sangat sibuk. Banyak yang mempertanyakan apakah benar Rohani kuliah langsung di Inggris atau secara jarak jauh.

Rohani yang akan diambil sumpahnya 4 Agustus mendatang belum mengomentari tuduhan ini.

Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024