DUNIA

Penggali Kubur Sudah Siaga di Bakal Makam Mandela

Mandela minta dikuburkan di kampung halamannya, di pemakaman keluarga.

ddd
Jum'at, 28 Juni 2013, 15:13
Makam keluarga Mandela di Qunu
Makam keluarga Mandela di Qunu (Mail & Guardian)

VIVAnews - Walaupun bisa dibilang stabil, namun kondisi Mandela masih kritis dan mengkhawatirkan. Dia kini bertahan hidup dengan penyokong kehidupan. Keluarganya telah berkumpul, bersiap merelakannya pergi.

Keluarga Mandela dilaporkan sudah mulai sibuk dengan rencana pemakaman di kampung halaman Mandela, Qunu. Diberitakan News24, Selasa kemarin perwakilan keluarga Mandela, pemimpin klan dan pejabat pemerintah mendarat di bandara Mthatha dan bertemu di rumah Mandela di Qunu selama dua jam sebelum pulang.

Setelah pertemuan tersebut, cucu Mandela, Ndaba Mandela, dilaporkan berkunjung ke pemakaman keluarga Mandela. Selang dua jam setelah pertemuan tersebut, sebuah mesin penggali kubur disiagakan di pemakaman keluarga Mandela di kota tersebut. Mesin penggali diletakkan sekitar 150 meter dari pemakaman.

Diperkirakan, Mandela akan dimakamkan di pekuburan itu bersama dengan para pendahulunya. Qunu adalah kampung halaman di mana Mandela menghabiskan masa kecilnya.

Kehidupan masyarakat Qunu dekat sekali dengan Mandela. Tidak heran, warga Qunu selalu berdoa untuk kesembuhannya. "Kami mengkhawatirkannya. Ketakutan terbesar kami dia tidak akan kembali ke Qunu karena kesehatannya. Ini pertama kalinya dia ke Johannesburg lama sekali," kata seorang warga, Thozama Mzamane.

Dikebumikan di Qunu konon merupakan salah satu wasiat yang disampaikan Mandela hampir 20 tahun yang lalu. Saat itu usianya sudah 78 tahun, dan dia sudah mulai memikirkan soal akhir hidupnya.

Makaziwe, putri Mandela, mengatakan bahwa pekuburan Mandela nantinya akan jadi tempat tertutup yang tidak boleh dimasuki orang lain selain keluarga.

"Pemakaman keluarga bukan untuk publik. Publik hanya boleh masuk ketika prosesi penguburan, itu pun berdasarkan undangan. Setelah itu, pemakaman ini akan jadi tempat suci bagi keluarga," kata Makaziwe, dikutip dari Mail and Guardian. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com