Makna Angka 8 dan 28 Bagi Vietnam

Dubes Uni Eropa Julian Wilson dan Sekjen ASEAN Le Luong Minh
Sumber :
  • Facebook / Delegation of the European Union to Indonesia
Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia
VIVAnews
- Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh, pada hari Jumat 28 Juni 2013, mengatakan angka delapan dan 28 memiliki makna mendalam bagi Vietnam. Karena Republik Sosialis Vietnam diterima menjadi anggota ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995 silam. 
5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Sehingga di tahun 2013, merupakan tahun ke-18, Vietnam bergabung di organisasi  yang terbentuk tahun 1967 silam itu. Hal itu diucapkan Le di auditorium gedung Sekjen ASEAN saat menerima kunjungan rekan satu negaranya, Presiden Vietnam, Truong Tan Sang. 
Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

"Angka 28 dan delapan dapat dianggap sebagai angka harapan bagi kami. Apabila kami meyakini hal ini, maka kami juga mempercayai bahwa Vietnam telah banyak memberikan kontribusi bagi organisasi ASEAN," ujar Le di hadapan Truong, para Duta Besar dan pewarta berita. 

Menurut Le, selama 18 tahun bergabung sebagai negara anggota ASEAN, Vietnam telah terbukti menjadi anggota yang aktif, pro aktif dan bertanggung jawab dalam membuat sebuah kontribusi penting bagi persatuan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. 

"Kesuksesan lainnya yang berhasil dicapai Vietnam yaitu saat menjadi Ketua ASEAN di tahun 2010 silam. Saat itu Vietnam memberikan kontribusi nyata dalam pembentukan komunitas ASEAN yang akan disongsong tahun 2015 mendatang," kata Le. 

Le juga menyebut bahwa Vietnam telah menjadi penggerak nyata bagi penyatuan ASEAN dalam menghadapi jurang perbedaan yang tajam antara beberapa anggota. 

"Kendati kini kursi keketuan ASEAN tidak lagi berada di tangan kami, namun Vietnam akan terus berupaya membuat kontribusi yang lebih besar dalam pengembangan ASEAN yang dikenal dengan slogan "Satu Visi, Satu Identitas", pungkas Le. 

Usai memberikan kata sambutan, Truong memberikan cinderamata yang dipamerkan di ruang galeri gedung Sekjen ASEAN.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya