Mohammed Mursi Kecam Kudeta Militer Mesir

Presiden Mesir Mohamed Mursi berpidato di televisi
Sumber :
  • REUTERS/Nile TV via Reuters TV

VIVAnews - Setelah memberi ultimatum 48 jam, akhirnya militer Mesir mengumumkan penggulingan Presiden Mohammed Mursi pada Rabu waktu setempat. Mursi mengecam langkah militer tersebut dengan mengatakan bahwa ini adalah bentuk kudeta.

"Pengumuman oleh komandan jenderal angkatan bersenjata adalah bentuk coup d'etat yang tidak bisa diterima," ujar pernyataannya di akun Facebook resmi Mursi, dilansir Ahram Online, Rabu waktu setempat.

Tidak diketahui dimana keberadaan Mursi saat ini. Militer telah mengerahkan pasukannya untuk berjaga di istana presiden. Mursi dan tokoh Ikhwanul Muslimin lainnya tengah dicekal, dilarang bepergian.

Pengumuman penggulingan Mursi oleh kepala staf militer Mesir Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi sekaligus juga menangguhkan konstitusi dan menyerukan perencanaan pemilihan umum baru Mesir. Mursi yang baru menjabat setahun terpilih dalam pemilihan demokratis pertama di Mesir.

Dalam pernyataannya, Mursi menyiratkan bahwa dia masih kepala negara negara dan komandan tertinggi angkatan bersenjata. Dia bahkan menyerukan rakyat Mesir untuk tidak menghiraukan kudeta tersebut.

"Saya meminta seluruh masyarakat sipil dan militer mematuhi konstitusi dan hukum, dan tidak merespon kudeta ini, yang membuat Mesir semakin mengalami kemunduran," kata Mursi seraya menyerukan perdamaian dan menghindari pertumpahan darah.

Hal yang sama disampaikan oleh Ikhwanul Muslimin dalam situsnya. Mereka mengatakan, "langkah militer ini adalah konspirasi atas legitimasi, kudeta militer yang menafikan aspirasi yang populer dan mengembalikan Mesir ke sistem despotisme."

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Pasca penggulingan, Ikhwanul Muslimin jadi buruan militer. Perintah penangkapan 300 anggota IM dikeluarkan militer. Ketua partai IM, Partai Keadilan dan kebebasan, Saad El-Katatni telah ditahan bersama dengan wakil pemimpin IM Rashad al-Bayoumi.

Sebelumnya, stasiun televisi IM dan media IM lainnya telah diboikot dan diblokir oleh militer. Para personelnya juga ditahan, seperti diberitakan Ahram Online.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Menggantikan Mursi, militer mengangkat Ketua Mahkamah Agung Mesir Adly al-Mansour, 67. Sebagai pemimpin sementara, al-Mansour memiliki tugas berat membentuk tim pemilu dan segera menggelar pemilihan umum.
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024