SBY Perintahkan Dubes Pimpin Evakuasi WNI Jika Mesir Bergejolak

Demonstrasi anti Presiden Mohamed Mursi di Kairo Mesir
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

VIVAnews - Setelah Presiden Mesir, Mohamed  Mursi, digulingkan dari kekuasaan oleh militer pada Rabu malam waktu setempat (Kamis dini hari WIB), Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono langsung memerintahkan Duta Besar RI di Mesir, Nur Faizi, melakukan tindakan antisipasi atas kemungkinan-kemungkinan lain yang tidak diharapkan.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan bahwa instruksi itu diantaranya adalah memfasilitasi, membantu warga negara Indonesia di Mesir termasuk juga mahasiswa, bila situasi keamanan dan sosial politik di Mesir kain memburuk.

"Itu instruksi langsung presiden kepada Dubes Faizi dan diharapkan agar masyarakat kita yang berada di Mesir tidak terlibat urusan domestik Mesir dan menghindari tempat-tempat yang mungkin bisa membahayakan," kata Julian di Istana Negara, Kamis 4 Juli 2013.

Mengenai kemungkinan evakuasi warga Indonesia dari sana, kata Julian, presiden menyerahkan sepenuhnya kepada dubes. "Dubes nanti yang akan mempertimbangkan apakah perlu dilakukan evakuasi atau tidak. Yang jelas tadi pagi presiden juga menerima Pak Menlu. Intinya agar kemenlu, tentu dalam hal ini kedubes kita di Mesir , agar siap mengantisipasi segala kemungkinan  terburuk," ungkapnya

Berdasarkan laporan terakhir, Julian mengungkapkan, kondisi WNI di Mesir cukup kondusif. "Kita update terus, tentu akan dilaporkan kepada presiden, Menlu juga melaporkan tadi pagi kepada presiden," tuturnya.

Presiden SBY sendiri sudah memberikan pernyataan sikap soal situasi politik yang terjadi di negeri itu. SBY berharap semua proses yang terjadi di sana berjalan dengan damai dan aman. "Karena yang menjadi pertimbangan presiden adalah nasib WNI yang berada di wilayah tersebut," ujar Julian.

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024