Pria Saudi Ketiban Rezeki Setelah Ampuni Pembunuh Putranya

Pasukan keamanan Arab Saudi berjaga di Ibu Kota Riyadh.
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews -
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara
Pria di Arab Saudi mendapatkan rezeki berlimpah setelah dia berbesar hati mengampuni pembunuh putra kesayangannya. Bahkan, pria ini tidak menuntut uang darah atau diyat pada pelaku.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Diberitakan
Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana
Emirate 247 pekan ini, Mohsen bin Hadeed Al Mukati mendatangi pengadilan di kota Taif dan menyatakan merelakan kepergian putranya dan memaafkan pelaku, tanpa syarat. Akibat keputusannya ini, pelaku yang masih saudaranya bebas dari hukuman mati.


Langkah Mukati ini diambil setelah melalui mediasi panjang selama setahun dengan para pemuka adat di Taif yang membujuknya untuk melupakan kejadian itu. Putranya tewas dalam perkelahian dengan pelaku beberapa tahun lalu.


Keputusan Mukati itu disambut gembira orang-orang dari sukunya. Berbagai hadiah membanjirinya pada sebuah pesta besar untuk merayakan kebaikan hati Mukati. Jika ditotal, hadiah yang diterimanya bernilai 3,3 juta riyal atau sekitar Rp8,7 miliar!


"Kepala adat memberikannya hadiah senilai 3,3 juta riyal dan sebuah mobil Jeep keluaran tahun 2013," tulis media setempat, Sabq Daily.


Menurut hukum syariah Islam di Saudi, pembunuh akan dihukum mati. Namun, jika keluarga pelaku memaafkan maka pelaku bisa bebas, dengan atau tanpa uang diyat. Namun, proses mediasi untuk membujuk keluarga memakan waktu lama. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya