Penumpang: Pesawat Terbang Terlalu Rendah Sebelum Terbakar

Kecelakaan pesawat di Bandara San Francisco.
Sumber :
  • REUTERS/Jed Jacobsohn
VIVAnews
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
– Pesawat Asiana Airlines dari Korea Selatan mengalami kecelakaan dan terbakar di Bandara Internasional San Francisco, Amerika Serikat, Sabtu 6 Juli 2013 waktu setempat.
Reuters
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
melansir, 2 orang dari total 291 penumpang dan 16 awak, tewas.
5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan

Stasiun televisi
KTVU
di San Francisco menunjukkan peluncuran darurat dibuka setidaknya dari dua pintu keluar pesawat jenis Boeing 777 itu. Beberapa penumpang yang selamat, Benjamin Levy, menceritakan kronologi kecelakaan pesawat dalam wawancara via telepon dengan stasiun televisi local,
NBC
.


Levy yakin pesawat terbang terlalu rendah saat mendarat (
landing
). “Saya cukup mengenal Bandara San Francisco. Saya merasa pilot menerbangkan pesawat agak terlalu rendah, terlalu cepat, dan entah bagaimana ia (pilot) sepertinya tidak akan menyentuh landasan pacu tepat waktu. Pesawat benar-benar terlalu rendah,” kata dia.


“Pilot lalu mencoba untuk menaikkan pesawat lagi, tapi sudah terlambat. Pesawat menghantam landasan pacu dengan amat buruk, lalu mencoba naik lagi, dan mendarat lagi dengan buruk,” kata Levy. Setelah pendaratan buruk itu, Levy kemudian membuka pintu darurat dan meminta penumpang lainnya keluar lewat situ.


Levy duduk di bagian belakang pesawat. Menurutnya, ada banyak orang di bagian belakang itu. “Ketika kami keluar, ada asap. Saat itu belum ada api. Api muncul sesudahnya,” ujar dia.


Ying Kong dari Albany, New York, yang sedang menunggu kakak iparnya Fawen Yan di bandara, mengatakan kakak iparnya itu menelepon dia segera setelah kecelakaan, dan mengatakan situasi di dalam pesawat amat berasap dan menakutkan. “Dia merasa kesulitan untuk bernafas, tapi dia baik-baik saja. Dia bilang, banyak orang berlarian menyelamatkan diri dan sebagian dari mereka terluka,” kata Ying. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya