Indonesia Target Investor Prancis

Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang Dihentikan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Para investor Prancis kini tengah menjadikan Indonesia sebagai target penting bagi investasi mereka. Kini lebih dari 100 perusahaan Prancis telah menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuze, saat membuka hari Nasional Prancis yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu malam.

Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Tewaskan 7 Orang

Dubes wanita yang baru bertugas di Indonesia empat bulan itu terkesan dengan pesatnya kerja sama yang dijalin antara Prancis dengan Indonesia.

"Kerangka kemitraan strategis antara Prancis dengan Indonesia telah ditandatangani dua tahun lalu. Ini merupakan kerja sama pertama yang dihasilkan Prancis dengan negara-negara di Asia Tenggara," kata Breuze.

Kesepakatan kemitraan ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri Prancis, François Fillon, ke Indonesia pada Juli 2011. Pentingnya Indonesia sebagai tempat untuk berinvestasi juga diakui oleh Kementerian Keuangan Prancis yang tengah menjadikan 47 lokasi di Indonesia sebagai target.

Untuk meningkatkan hubungan diplomatik kedua negara yang telah terjalin selama 63 tahun, Breuze menyebut hal itu telah dilakukan dengan adanya kunjungan dari dua Menteri Prancis.

Pertama, kunjungan dari Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis, Nicole Bricq, pada awal Juni kemarin, yang sukses menandatangani kesepakatan kerja sama investasi dan pembuatan komiter bersama yang di dalamnya terdapat enam kelompok kerja.

Enam kelompok kerja yang dimaksud di antaranya investasi dan perdagangan, energi dan pertambangan, pangan, lingkungan, teknologi pertahanan, transportasi dan infrastruktur. Sementara itu, kunjungan lainnya akan dilakukan Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius pada awal Agustus.

"Kami berharap, usai kunjungan kedua Menteri itu maka akan diikuti dengan pertukaran kunjungan kedua Presiden," kata dia.

Selain itu, menurut Breuze, selama empat bulan bertugas di Indonesia, dia sudah melihat berbagai komunitas Prancis di berbagai sektor ekonomi dan masyarakat yang berkontribusi bagi Indonesia. Saat ini tercatat ada lebih dari 3.700 warga Prancis yang bermukim di Indonesia.

Terkait dengan bidang pendidikan, Breuze menyebut saat ini sudah ada 100 kerjasama universitas di Indonesia dengan Prancis. "Bahkan, saat ini sudah ada lebih dari 450 mahasiswa asal Indonesia yang tengah menimba ilmu di Prancis," katanya.

Dia berharap antara Prancis dengan Indonesia dapat terus bekerja sama dengan baik demi peningkatan hubungan bilateral kedua negara. (asp)

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis
VIVA Militer: Rudal balistik Jericho militer Israel

Breaking News: Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Ledakan Terjadi di Isfahan

Rudal Israel menghantam sebuah lokasi di Iran, menurut stasiun penyiaran AS ABC News, Jumat, 19 April 2024. Ini merupakan serangan balasan Israel

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024