Nelson Mandela akan Diperbolehkan Pulang

Nelson Mandela
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews – Mantan Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki mengatakan pejuang apartheid Nelson Mandela akan segera diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Medheart Clinic, Pretoria, Afrika Selatan. Mandela akan melanjutkan pengobatan dan pemulihan di rumah.

Laman Dailymail, Senin 15 Juli 2013, melansir bahwa para dokter sudah setuju membolehkan Mandela dirawat di rumah. “Saya cukup yakin dalam waktu dekat ini, Madiba (nama klan Mandela) akan kembali ke rumah,” ujar Mbeki.

Istri Mandela, Graça Machel, mengatakan ia kini sudah lebih tenang soal kondisi kesehatan suaminya. “Dia terus merespons positif pengobatan yang diterimanya. Saya kini berani mengatakan bahwa saya sudah tidak secemas sebelumnya seperti satu pekan lalu,” kata Graça.

Sebelumnya, salah seorang sahabat Mandela, Denis Goldberg, membantah rumor bahwa Mandela sudah tidak sadarkan diri selama beberapa hari terakhir. Goldberg juga membantah seluruh keterangan dalam dokumen medis yang terungkap di Pengadilan Tinggi bagian timur kota Cape, Mthatha.

Dalam dokumen medis itu tertulis Mandela mengalami kerusakan otak yang parah atau kondisi vegetasi sehingga harus ditopang dengan alat bantu pernafasan. Dokumen itu juga menulis para dokter di RS Medheart Clinic, Pretoria menyarankan pihak keluarga untuk segera mencabut alat bantu pernafasan tersebut karena kondisi Mandela yang sudah parah.

Menurut Goldberg, kali terakhir dia mengunjungi Mandela pada Senin awal Juli kemarin, kondisi Mandela memang kritis, namun dia masih bereaksi.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

“Dia memang terlihat jelas sedang sakit parah, namun dia merespons suara dan berusaha untuk berkomunikasi. Saya bahkan sempat berbicara dengan Mandela selama sepuluh menit dan dia merespons positif apapun yang saya ucapkan. Dia masih dapat mengenali siapa saya,” kata Goldberg yang pernah ikut dipenjara selama 22 tahun akibat ikut menentang sistem apartheid kendati dirinya orang kulit putih.

Goldberg mengatakan, saat dia tiba di RS, Mandela sedang tertidur. Namun saat dia berbicara kepada Mandela dan mengatakan siapa dirinya, Mandela kemudian membuka mata.

Mandela dibawa ke rumah sakit pada 8 Juni karena infeksi paru-parunya kambuh. Kini sudah lima minggu dia berada di bawah pengawasan dokter yang berusaha keras memulihkan kondisinya. Pria yang akan berulang tahun ke-95 pada Kamis esok ini dirawat untuk kali keempat dalam enam bulan terakhir akibat kondisi kesehatannya yang terus menurun seiring usianya yang sudah lanjut. (kd)

Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024