PBB: 5.000 Orang Dibantai Tiap Bulan di Suriah

Anak-anak Suriah bermain di lokasi konflik.
Sumber :
  • REUTERS/Rami Bleibel
VIVAnews -
Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia
Konflik berdarah yang tak berkesudahan di Suriah telah melampaui batas-batas nilai kemanusiaan. PBB mencatat, sedikitnya 5.000 orang tewas per bulan di Suriah. Jumlah pengungsi juga bertambah.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

"Tingginya angka pembunuhan saat ini - sekitar 5.000 orang per bulan - menunjukkan semakin memburuknya konflik," kata asisten sekretaris jenderal untuk badan HAM PBB, Ivan Simonovic, pada pertemuan yang membahas soal Suriah, dilansir
Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Al-Arabiya , Selasa 16 Juli 2013.


Dia melanjutkan, saat ini telah terjadi pelanggaran HAM, kejahatan perang dan kejahatan pada kemanusiaan yang parah di Suriah. PBB mencatat, sejak konflik antara pejuang Suriah dengan rezim Bashar al-Assad pecah tahun 2011 lalu, lebih dari 100.000 orang tewas.


Sebanyak 1,8 juta warga Suriah tercatat sebagai pengungsi di berbagai negara tetangga Suriah, seperti Lebanon, Yordania dan Irak. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Antonio Guterres mengatakan, pengungsi Suriah semakin bertambah jumlahnya, 6.000 orang per hari.


"Kami tidak pernah melihat arus pengungsi sedemikian banyak sejak genosida di Rwanda hampir 20 tahun lalu. Krisis ini sudah berkembang lebih lama dengan konsekuensi kemanusiaan yang buruk," kata Guterres.


Kepala badan kemanusiaan PBB Valerie Amos mencatat, perlu dana sekitar US$3,1 miliar untuk bantuan bagi rakyat di dalam Suriah dan di pengungsian yang jadi korban kekejaman rezim Assad per tahun. "Kita tidak hanya menyaksikan hancurnya sebuah negara, tapi juga rakyatnya," kata Amos. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya