Kunjungi Brazil, Paus Fransiskus Tak Pakai Mobil Antipeluru

Paus Fransiskus
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna
VIVAnews
Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng
- Paus Fransiskus berencana tidak menggunakan mobil Paus yang dilengkapi kaca anti peluru saat berkunjung ke Brazil pada Senin pekan depan. Paus yang sebelumnya bernama Kardinal Jorge Bergoglio itu malah memilih untuk menggunakan mobil jip dengan atap terbuka.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Kantor berita
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Reuters , Rabu 17 Juli 2013 melansir mobil jip tersebut sudah pernah digunakan Paus saat menyapa umat Katolik di alun-alun Santo Petrus. Hal itu sengaja dipilihnya selain untuk meneruskan aksi yang pernah dilakukannya, juga untuk memungkinkan Paus menjangkau serta berkomunikasi dengan umatnya secara langsung.


Hal itu disampaikan oleh juru bicara Paus Fransiskus,  Federico Lombardi, dalam jumpa wartawan pada Rabu, 17 Juli 2013, ini. "Dia memutuskan untuk melakukan dengan cara demikian karena ingin meneruskan tradisi yang telah dilakukannya di sini. Dia merasakan baginya berkomunikasi secara langsung dengan umat akan lebih baik apabila dilakukan dengan cara demikian," kata Lombardi kepada media.


Dalam tradisi yang biasanya dilakukan oleh pemimpin umat Katolik sebelumnya, apabila berkunjung ke luar kota Roma, maka dia akan menggunakan kendaraan anti peluru, berlapis kaca dan dilengkapi pendingin udara. Kendaraan itu mulai digunakan saat peristiwa tragis hampir merenggut nyawa Paus John Paul II tahun 1981 silam.


Saat itu seorang pria bersenjata asal Turki bernama Mehmet Ali Agca menembaknya saat Paus tengah berkeliling menggunakan mobil jip terbuka di alun-alun Santo Petrus.


Fransiskus akan menghabiskan waktu selama sepekan di ibukota Rio de Janeiro untuk memimpin Hari Gereja Sedunia bagi pemuda. Acara itu merupakan sebuah pertemuan yang dilakukan tiap dua tahun sekali dan diselenggarakan di kota yang berbeda.


Dalam kunjungannya nanti, Fransiskus juga akan mengunjungi pemukiman kumuh dan miskin di Brazil. Hal itu sengaja dilakukan Paus asal Argentina tersebut karena dia memang sejak lama dikenal sebagai pria yang peduli terhadap kaum papa.


Di Brazil, Fransiskus akan berkunjung ke daerah Favela dan bertemu dengan para napi muda. Setelah itu pada hari keempat kunjungannya, Fransiskus akan mengunjungi daerah perkampungan Manguinhos di ibukota Rio de Janeiro.


Pihak Vatikan mengatakan Fransiskus akan berjalan kaki mengunjungi daerah-daerah kumuh lalu berkunjung ke satu rumah sebelum dia memberikan ceramah bagi warga Brazil di sebuah lapangan olah raga. Pada tanggal 24 Juli, dia akan terbang ke kota Aparecida yang terletak sekitar 240 kilometer dari barat daya ibukota Rio de Janeiro untuk mengunjungi biara nasional Lady Aparecida, yang dianggap gereja sebagai pelindung warga Brazil.


Menurut Lombardi, Fransiskus juga akan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Dilma Rousseff dan pemimpin negara Amerika Latin lainnya. Hal itu disebabkan Rousseff turut mengundang Presiden dari beberapa negara Amerika Latin.


Namun hingga kini belum dapat dipastikan Presiden dari negara mana saja yang telah mengkonfirmasi kehadiran mereka. Fransiskus juga direncanakan akan bertemu dengan beberapa politisi dan pengusaha Brazil.


Kunjungan Fransiskus ke Brazil merupakan kunjungan luar negeri pertama dan terakhir kalinya di tahun ini. Dia dijadwalkan akan mengunjungi kampung halamannya, Argentina, pada awal tahun depan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya