Produk Baru Tata Motors

Mobil Ini Cuma Seharga Rp 23 Juta

VIVAnews – Perusahaan otomotif India, Tata Motors, akan melucurkan mobil super murah Tata Nano di Mumbai, Senin ini, 23 Maret 2009. Tata Nano merupakan kendaraan revolusioner yang harganya terjangkau penduduk negara miskin. 

Beberapa orang memprediksi bahwa mobil 'berhidung pesek' itu akan menyelamatkan kondisi keuangan perusahaan yang penjualannya ambruk dan terlilit utang itu. 

Kendaraan minimalis ini ditawarkan mulai dari harga sekitar 100 ribu rupe (US$ 2.050 atau sekitar Rp 23 juta). Nano memiliki panjang 3,1 meter, satu wiper kaca depan, mesin berkapasitas 623 cc, dan badan mungil. 

Nano tidak memiliki kantong udara atau rem antilock, alat pengaman yang tidak diwajibkan di India. Kalau Anda membutuhkan AC, radio, atau power steering, Anda harus membayar biaya ekstra. 

Peluncuran Tata Nano tertunda selama enam bulan karena protes petani dan pemimpin partai oposisi terkait lahan yang memaksa Tata memindahkan pabrik pembuatan Nano dari Bengal Barat ke Gujarat.  

Perusahaan yang sedang berjuang melunasi utang pembelian merk Jaguar dan Land Rover dari Ford Motor Co ini mengatakan, perlu satu tahun untuk membangun pabrik baru di Gujarat. Karena itu, Tata hanya akan memproduksi Nano dalam jumlah terbatas dari pabrik lain di India. 

Tata belum memberikan berapa volume Nano yang akan mereka buat. Namun para pengamat ragu kalau Tata bisa menghasilkan lebih dari 50 ribu mobil tahun depan. Padahal sebelumnya, Tata berencana memproduksi 250 ribu Nano hanya untuk produksi awal saja. (AP)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024