Pengadilan Mesir Tahan Mursi Selama 15 Hari

Mohamed Mursi
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Pengadilan Mesir mengeluarkan perintah untuk menahan mantan Presiden Muhammad Mursi selama 15 hari sambil menunggu hasil penyelidikan tuduhan yang menyebut dia menjadi mata-mata bagi kelompok militan Hamas.

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Selain itu, menurut laporan kantor berita pemerintah, MENA, Mursi juga dianggap ikut membantu pembobolan penjara dalam peristiwa pemberontakan yang menggulingkan mantan Presiden Hosni Mubarak.

Stasiun berita Al Jazeera, Jumat 26 Juli 2013 melansir keputusan itu dikeluarkan oleh pengadilan pada hari ini. Menurut informasi dari pejabat berwenang, keputusan itu diambil oleh Hakim Hassan Sammir, yang menyelidiki tuduhan terhadap Mursi.

Laporan itu muncul saat pendukung dan penentang Mursi tengah bersiap untuk menggelar unjuk rasa besar-besaran nasional sesuai seruan Panglima Militer dan Menteri Pertahanan sementara Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Di waktu yang bersamaan kelompok Ikhwanul Muslimin (IM) juga menyerukan hal yang sama demi memperjuangan masa depan Mesir.

Namun hingga saat ini keberadaan Mursi masih belum diketahui. Banyak pihak menduga dia ditahan di markas Garda Republik. Juru bicara Kemlu, Badr Abdel-Atti pada tanggal 10 Juli lalu memang telah mengkonfirmasi bahwa Mursi kini berada di tempat yang aman dan diperlakukan secara baik.

Menanggapi keputusan pengadilan itu, juru bicara kelompok IM, Gehad El-Haddad, mengatakan bahwa Mesir sudah mulai kembali ke rezim lama ketika diperintah Mubarak.

"Tuduhan itu dibacakan seolah mereka merupakan pembalasan dendam dari rezim lama," ungkap El-Haddad.

Keputusan pengadilan itu merupakan lanjutan dari peryataan bulan lalu yang menyebut kelompok IM bekerja sama dengan kelompok Hamas dan Hizbullah untuk menyerbu penjara Wadi el-Natroun tahun 2011 silam. Saat itu sebanyak 34 anggota tinggi kelomok IM termasuk mantan Presiden Mursi berhasil dikeluarkan dari penjara.  (eh)

Bali United vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Bali United dan Dewa United berhasil meraih poin sempurna dalam lanjutan Liga 1 pada Sabtu malam ini, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024