DUNIA

VIDEO: Detik-detik Kecelakaan Kereta Cepat Spanyol

Saat itu, kereta melaju dengan kecepatan 190 kilometer per jam.
Sabtu, 27 Juli 2013
Oleh : Aries Setiawan
Detik-detik terjadinya kecelakaan kereta cepat di Spanyol
VIVAnews - Sebanyak 80 orang tewas dan 95 lainnya mengalami luka-luka akibat kecelakaan kereta cepat di pinggir Kota Santiago de Compostela, Spanyol, Kamis pagi, 25 Juli 2013.

Detik-detik kecelakaan kereta api terparah di Spanyol ini terekam kamera CCTV yang terpasang di perlintasan.

Dari rekaman terlihat kereta yang melaju dengan kecepatan tinggi itu tergelincir dan menghantam tembok pembatas sisi luar perlintasan.

Tonton video terjadinya kecelakaan di tautan ini.

Kereta api yang dioperasikan perusahaan BUMN Spanyol, Renfe, membawa 247 orang. Kereta berangkat dari Madrid menuju Ferrol, bagian dari pantai Galicia.

Pejabat berwenang pengadilan Spanyol, hari Jumat ini mulai melakukan penyelidikan terhadap salah satu masinis kereta cepat Renfe, Francisco Jose Garzon Amo.

Fokus utama penyelidikan adalah soal kecepatan kereta saat insiden itu terjadi. Kantor berita BBC memberitakan, salah satu penyidik yang mengutip pernyataan masinis kereta mengatakan, saat itu kereta melaju dengan kecepatan 190 kilometer per jam dari yang seharusnya 80 kilometer per jam.

Menurut Presiden perusahaan kereta Renfe, Julio Gomez Pomar, masinis Amo memiliki pengalaman bekerja selama 30 tahun di perusahaannya. Selain itu, Amo sudah mengendarai kereta tersebut selama setahun terakhir.

Pomar juga menepis anggapan bahwa salah satu kereta armadanya itu mengalami gangguan teknis, sehingga tergelincir dan keluar dari rel. "Semua armada kereta yang kami miliki diinspeksi tiap mencapai jarak 7.500 kilometer. Rekam jejak perawatannya sangat baik," ungkapnya kepada sebuah stasiun radio Spanyol.

Selain itu, penyelidikan akan dilakukan pada kotak hitam kereta rute Madrid Ferrol tersebut. (art)
TERKAIT