Israel Luncurkan Saluran Televisi Khusus untuk Anjing

Ilustrasi anak anjing
Sumber :
  • petscollect.com
VIVAnews -
Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Israel berencana untuk meluncurkan sebuah saluran televisi yang tayang 24 jam dalam sepekan khusus untuk anjing. Stasiun televisi yang diberi nama DOGTV itu akan mengudara untuk kali pertama di Amerika Serikat pada bulan depan dan tayang menggunakan operator satelit Direc TV.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Kantor berita
Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Reuters , melansir, di awal peluncurannya, mereka telah membidik 46 juta pemirsa AS yang memiliki setidaknya satu hewan peliharaan anjing. Peluncuran saluran televisi ini dilakukan tidak bermaksud untuk mencuri waktu bersantai bersama sang majikan.

"Ini merupakan saluran televisi pertama dan satu-satunya bagi mereka para anjing peliharaan. Saluran ini bukan bagi para majikannya," ungkap Kepala Eksekutif DOGTV, Gilad Neumann, dalam sebuah wawancara.


Neumann mengatakan, isi program-program yang ada di DOGTV tidak akan menayangkan acara-acara keluarga. Tetapi, akan diisi berbagai program ringan seperti musik, gambar visual, animasi, dan beberapa program yang diciptakan untuk membuat para anjing merasa santai serta tak lagi merasa kesepian.


"Banyak anjing merasa bosan dan gelisah saat menunggu majikannya. Apa yang coba kami lakukan yakni dengan memberikan anjing peliharaan sesuatu agar mereka fokus," kata Neumann.


Menurut Neumann, program-program yang disajikan bagi pemirsanya lebih dari sekadar hiburan untuk anjing. Tidak seperti anak-anak dan orang dewasa yang dapat menyaksikan televisi selama berjam-jam, anjing benar-benar pemilih.


Dia menjelaskan, para anjing ini hanya akan tertarik menonton televisi apabila ada sesuatu yang menarik perhatiannya. Dalam sudut pandang Asosiasi Medis Dokter Hewan Amerika (AVMA), apa pun yang membuat hewan peliharaan merasa santai dan terstimulasi merupakan hal yang baik.


Mereka pun meragukan bahwa para anjing akan tertarik dengan program-program yang ditayangkan.


"Itu mungkin dapat bermanfaat bagi beberapa anjing peliharaan dan mungkin juga tidak menarik bagi yang lainnya," ujar juru bicara AVMA.


Menarik perhatian

Namun, Neumann yakin, saluran televisi ini dapat menarik perhatian anjing peliharaan. Karena, sebelum diluncurkan, semua programnya dibuat dengan menjalin kerja sama dengan beberapa pihak seperti pemerhati perilaku hewan peliharaan dan Direktur Ilmu Klinis di Universitas Tufts Massachusetts, pelatih anjing, Victoria Stilwell, aktivis pemerhati hak-hak hewan dan pelatih, Wareen Eckstein.


Semua programnya pun sudah diujicobakan ke dalam kelompok anjing atau fokus grup. Neumann menyebut semua tampilan visual yang ada di dalam program DOGTV telah disesuaikan dengan persepsi visual anjing.


Sementara itu, untuk kualitas suara, termasuk frekuensi, juga ikut disesuaikan dengan indera pendengaran mereka. "Kami telah melihat bahwa anjing hanya tertarik kepada warna-warna dan gambar-gambar animasi tertentu saja," ujarnya.


Neumann memungut bayaran senilai US$4,99 atau Rp51 ribu tiap bulan bagi pelanggan yang ingin menikmati siaran DOGTV. Selain meluncurkan saluran khusus anjing, perusahaan milik Neumann juga berencana membuat saluran serupa. Namun, kali ini khusus untuk kucing di negara lain.


Saat ini, prosesnya sudah masuk tahap pembicaraan dan perencanaan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya