Jelang Lebaran Australia Ekspor Ribuan Ekor Sapi ke Indonesia

Sapi-sapi potong yang akan dikirimkan dari Australia ke Indonesia
Sumber :
  • Dok. KJRI Darwin

VIVAnews - Harga daging yang melambung tinggi terutama jelang hari raya Idul Fitri membuat pemerintah terpaksa mengimpor dari luar negeri. Pada Jumat kemarin, ribuan ekor sapi siap potong telah dikirim dari Darwin, Australia, menuju Indonesia.

Menurut laporan Konsulat Jenderal RI di Darwin yang diterima VIVAnews, Sabtu 27 Juli 2013, sebanyak 1.478 ekor sapi siap potong telah dikapalkan ke Indonesia pada Jumat pagi pukul 7.30 waktu setempat. Diperkirakan, sapi-sapi itu akan sampai di Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa, 30 Juli 2013.

"Pengiriman ini merupakan pengiriman pertama dari total 12.500 ekor sapi siap potong yang diizinkan importasinya hingga H+5 Lebaran berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan No.699/M-DAG/KEP/7/2013 tentang Stabilisasi Harga Daging Sapi," ujar laporan KJRI Darwin.

Untuk mempercepat proses distribusi, Badan Karantina Pertanian telah mengirim dua orang dokter hewan untuk melakukan tindakan karantina dan inspeksi pra pengapalan (preshipment inspection/PSI) di Darwin, Australia dan di atas alat angkut/kapal.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Hal ini dilakukan karena setibanya di Jakarta, sapi-sapi ini akan langsung dimasukkan ke Rumah Potong Hewan dan tidak lagi memerlukan pemeriksaan karena sudah diperiksa di negara asal.

"Untuk mengawasi kesehatan sapi selama di perjalanan, seorang paramedik veteriner dari Badan Karantina Pertanian ditugaskan untuk melakukan pengawalan terhadap sapi siap potong di atas kapal selama perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Priok," lanjut KJRI.

Gelombang pengiriman sapi siap potong selanjutnya dijadwalkan akan dilakukan pada hari Selasa, 30 Juli dan Rabu, 31 Juli 2013 mendatang. Diperkirakan sebanyak 6.000 ekor sapi akan dikirimkan kembali dari Darwin, Australia. (ren)

Pembayaran Bukalapak paylater

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mudik lebaran menggunakan mobil, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024