Relawan Indonesia di Suriah Bertugas di Tengah Hujan Roket

Truk pembawa bantuan rakyat Indonesia untuk Suriah
Sumber :
  • Facebook/Muh Nurhuda
VIVAnews -
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
Relawan dari Indonesia harus mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyampaikan bantuan pada para korban perang di Suriah. Di tempat mereka saat ini, rumah-rumah warga dihujani roket membuat para relawan harus ekstra hati-hati.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Salah satu dari empat orang relawan gabungan Radio Rodja, Yufid TV dan Peduli Muslim, Muhammad Nur Huda, dalam akun Facebooknya mengatakan bahwa saat ini mereka tengah berada di Desa Ihsim, kota Jabal Zawiyah, Provinsi Idlib. Misi kemanusiaan ini telah dimulai sejak tanggal 18 Juli lalu dan masih berlangsung hingga sekarang.
Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP


"Dalam dua hari ini, serangan terhadap kota Jabal Zawiyah, terutama di desa Ihsim, markaz kami dan desa Ma'rotah sangatlah gencar, baik dengan roket, mortir, ataupun pesawat tempur," kata Huda dalam status Facebooknya tertanggal 30 Juli 2013. Untuk koneksi internet demi memudahkan koordinasi dengan tanah air, para relawan menggunakan modem satelit.


"Terus terang, penduduk Idlib termasuk di antara wilayah yang paling sering mendapat serangan dari tentara Suriah, tiada hari tanpa serangan bom dan tiada hari tanpa jatuh korban," ujar Huda dalam statusnya yang lain.


Karena intensnya serangan, para relawan harus dibagi menjadi tiga tim, kata Huda. Tim pertama menjaga markaz, atau tempat berlindung para relawan, Tim kedua membantu di garis belakang untuk menangani masyarakat dan pejuang Suriah yang terluka, dan tim ketiga turun ke garis depan pertempuran, membantu evakuasi korban luka.


"Alhamdulillah, tim gabungan semuanya kembali dengan selamat dan segera melanjutkan tugas kemanusiaan kembali," kata Huda.


Dana bantuan gabungan tiga lembaga di atas telah dari donasi rakyat Indonesia. Relawan kali ini adalah kloter kedua. Huda mengatakan, mereka telah menyiapkan bantuan logistik kepada ratusan penduduk Provinsi Idlib.


Provinsi Idlib adalah salah satu provinsi yang dikuasai pejuang Suriah. Banyak warga dari kota lainnya seperti Damaskus dan Hama yang mengungsi ke kota ini. "Mereka menempati rumah-rumah kosong dan madrasah yang sudah tidak ada muridnya, sehingga sangat membtuhkan bantuan logistik untuk menyambung hidup," jelas Huda.


Ketua Peduli Muslim Ginanjar Indrajati Bintoro pada VIVAnews, Sabtu 3 Juli 2013, mengatakan bahwa di Suriah mereka tidak bekerja sendiri, tapi dibantu warga setempat. Tim relawan membeli bahan-bahan logistik di tempat aman, kemudian baru disalurkan di kamp pengungsian maupun kota yang hancur karena perang melalui


"Dalam menjalankan tugas ini, salah satu warga Suriah yang membantu kami tewas terkena tembakan rezim," ujar Jati.


Persiapan pembagian bantuan untuk rakyat Suriah dari rakyat Indonesia


(Persiapan pembagian bantuan untuk Suriah di Idlib. Foto: Facebook/Muh Nurhuda)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya