SBY: Hentikan Pertumpahan Darah di Mesir

Buka Puasa Bersama Presiden SBY
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews -
Top Trending: Sosok di Balik Gambar Khong Guan Hingga Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!
Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan keprihatinannya atas korban tewas yang terus berjatuhan pada bentrokan di Mesir. SBY menyerukan kubu yang bertikai di negara itu  menghentikan pertumpahan darah.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

"Saya kira perasaan kita sama, rakyat Indonesia sangat prihatin apa yang terjadi di Mesir," kata SBY dalam keterangan persnya di Istana Negara, Kamis 15 Agustus 2013.
Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung


SBY menyerukan kepada para pemimpin dan elit politik di Mesir, baik pemerintah, militer dan Ikhwanul Muslimin untuk mencegah semakin memburuknya situasi dan jatuh korban lebih banyak.


Memang, kata SBY, situasi saat ini di Mesir sangat kompleks. "Sepertinya opsi tidak terlalu banyak yang bisa diambil untuk menghentikan pertumpahan darah, kemudian mencegah lebih memburuknya situasi," kata dia.


"Saya tahu ini sesuatu yang tidak mudah, tetapi kalau para pemimpin dan elite politik mau misalnya, menghentikan dulu dan berusaha mencari suatu formula yang saya sebut dengan
win-win solution
, kompromi. Barangkali masih terbuka peluang itu, meskipun barangkali sempit yang disebut dengan
window of opportunity
," lanjutnya lagi.


Kementerian Kesehatan Mesir mencatat saat ini korban tewas akibat gempuran aparat telah mencapai . Data Ikhwanul Muslimin menunjukkan, korban bahkan sudah mencapai 3.000 orang.


berdatangan, termasuk dari Amerika Serikat, Turki, Yordania, Inggris dan Prancis. SBY menyerukan PBB agar memberikan perhatian dan berbuat sesuatu agar tragedi kemanusiaan di Mesir tidak melebar.


"Dewan Keamanan PBB saat ini sudah sepatutnya peduli dan mengambil tindakan yang diperlukan," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya