Obama: Senjata Kimia Ulah Rezim Suriah, Bukan Oposisi

Presiden Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVAnews - Presiden Barack Obama mengatakan bahwa serangan senjata kimia pekan lalu di Suriah adalah pekerjaan rezim Bashar al-Assad. Dia juga menampik tuduhan Assad yang berdalih bahwa serangan itu adalah ulah tentara oposisi.

Diberitakan CNN, pernyataan pertama Obama yang menuduh rezim Suriah ini disampaikannya dalam acara PBS Newshour pada Rabu, 28 Agustus 2013. Dia mengatakan, saat dunia turut campur mengirimkan pesan pada Suriah agar hal ini tidak terjadi lagi.

"Kami tidak percaya, dengan sistem peluncuran menggunakan roket, tentara oposisi mampu melakukannya. Kami menyimpulkan bahwa pemerintah Suriah pada faktanya telah melakukan ini," ujar Obama.

"Jika demikian, maka perlu adalah konsekuensi internasional," lanjutnya lagi.

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Sebelumnya Assad membantah telah menggunakan senjata kimia dan dia menganggap tuduhan kepadanya tidak berdasar. Dia malah menuduh pejuang oposisi yang melakukannya. Padahal, peluncuran senjata kimia bukanlah hal mudah, butuh teknologi yang mumpuni.

Kendati beberapa sumber di pemerintahan AS telah ramai membocorkan soal rencana penyerangan ke Suriah, namun Obama mengatakan bahwa belum ada keputusan untuk menyerang. Namun, empat kapal perang AS dilaporkan telah berada di Mediterania, menunggu perintah serang. Sumber lainnya mengatakan, serangan diperkirakan dilakukan pekan ini.

Tuduhan terhadap rezim juga datang dari NATO yang mengatakan bahwa Suriah memiliki timbunan senjata kimia. NATO menegaskan, penggunaan senjata kimia telah melanggar norma dan hukum internasional.

"Penggunaan senjata ini tidak bisa diterima dan tidak bisa dibiarkan. Mereka yang bertanggung jawab harus diadili. Kami menganggap penggunaan senjata kimia adalah ancaman pada perdamaian dan keamanan internasional," ujar NATO dalam pernyataannya.

Lakhdar Brahimi, utusan khusus Liga Arab dan PBB untuk Suriah mengatakan bahwa Suriah saat ini telah menjadi krisis paling serius yang dihadapi komunitas internasional.

Mudik Tak Biasa! Pemuda Ini Ceritakan Perjalanan Mudiknya dengan Cara Nebeng Orang Lain

"Hal ini menunjukkan seberapa pentingnya rakyat Suriah dan komunitas internasional untuk membangun tekad politik untuk mengatasi masalah serius ini dan mencari solusinya," kata Brahimi. (eh)

Duel PSS Sleman vs Arema FC

PSS Sleman Makin Percaya Diri Usai Benamkan Arema FC

PSS Sleman berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 dengan skor 4-1. Duel kedua tim ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Senin.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024