DUNIA

Sakit Punggung, Buaya Albino Jalani Terapi Akupuntur

Bino telah menderita kedua penyakit tersebut sejak dia lahir.

ddd
Jum'at, 30 Agustus 2013, 00:09
Sakit punggung, buaya albino terapi akupuntur
Sakit punggung, buaya albino terapi akupuntur (Dailymail.co.uk)

VIVAnews - Seorang dokter hewan mencoba metode baru untuk merawat buaya aligator albino yang menderita sakit punggung dan skoliosis. Buaya albino yang diberi nama Bino itu dirawat dengan menggunakan teknik akupuntur di Aquarium Sao Paulo, Brazil, tempatnya dibesarkan sejak tahun 2007 silam.

Laman Dailymail, Kamis 29 Agustus 2013 melansir Bino menerima teknik perawatan akupuntur sekali dalam seminggu. Dokter hewan Daniela Cervaletti kerap menusukkan beberapa jarum ke bagian punggung Bino.

Menurut Cervaletti, metode akupuntur ini terbukti ampuh dan membuat kondisi Bino terus membaik. Dia dilaporkan sudah dapat menggerkakan kedua kaki bagian belakang dan ekornya. Namun, akhir-akhir ini penyakitnya kembali kumat.

"Metode akupuntur akan mengurangi rasa sakit yang dirasakannya dan mempertahankan semua organ vitalnya tetap berfungsi," ungkap Rafael Gutierrez, seorang ahli Biologi di Akuarium Sao Paulo.

Masih menurut Gutierrez, untuk kembali menyembuhkan penyakitnya, maka Bino akan menjalani terapi rutin yakni perawatan akupuntur mingguan selama 30 menit. Metode ini akan tetap digunakan tanpa batas, selama cara itu efektif bagi Bino.

Bino telah menderita kedua penyakit tersebut sejak lahir. Kendati metode akupuntur kini mulai ramai digunakan untuk hewan, namun tiap hewan perlu ditusukkaan di titik-titik yang berbeda.

Untuk Bino, sangat penting untuk menusukkan jarum di bagian punggung, sepanjang tulang belakang hingga di area di mana biasanya hewan mengalami kebungkukan. Saat jarum ditusukkan, Cervaletti menekan secara perlahan puluhan jarum itu di kulitnya.

Selama jarum masih menempel di bagian tubuhnya, Bino tidak boleh bergerak. Perlu waktu beberapa menit sebelum semua jarum dilepas.

Usai perawatan akupuntur selesai, pawang Bino kemudian membantunya kembali ke kolam. Hasilnya perawatan itu tidak sia-sia, karena kini dia dapat bergerak secara bebas dan menggerakkan ekornya di dalam air.

Penggunaan akupuntur bagi hewan kini telah menjadi sesuatu yang umum di seluruh dunia. Biasanya hewan yang turut mencoba perawatan akupuntur adalah kucing, anjing dan kuda.

Penggunaan akupuntur sendiri sudah dimulai ribuan tahun silam di China. Sementara di Amerika Serikat, beberapa dokter hewan yang memegang keanggotaan Akademi Amerika Akupuntur untuk Dokter Hewan (AAVA) dilaporkan meningkat sebanyak 50 persen pada beberapa tahun belakangan.

Saat ini kata Direktur Eksekutif akademi yang berbasis di Glastonbury, Connecticut, Simon Flynn, sudah ada 900 dokter hewan yang dapat menggunakan akupuntur.

Menurut Flynn, jenis penyakit yang diderita hewan dan dapat disembuhkan dengan metode ini antara lain permasalahan di bagian leher, punggung, kulit dan keluhan sakit lainnya secara umum.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com